BUMDES Maju Mandiri Sijang Budidaya Kopi Pucuk Merah, Menuju desa Agrowisata

Editor: Redaksi

 

Tanaman kopi yang dibudidayakan oleh BUMDes Maju Mandiri desa Sijang kecamatan Galing kabupaten Sambas

Sambasnews.com (GALING)-Badan usaha milik desa BUMDes Maju Mandiri desa Sijang kecamatan Galing, mengembangkan komoditas kopi lokal pucuk merah yang akan dijadikan produk unggulan desa Sijang. 

Ketua BUMDes Maju Mandiri Yuspiandi mengatakan, luas tanah yang telah di tanami komoditas kopi pucuk merah seluas 2 hektar.  "Dari luas lahan 2 hektar tersebut, sudah ditanam 2 ribu batang kopi jenis pucuk merah dan sekarang sudah berumur dua tahun lebih," ujar Yuspiandi, Kamis. 

Kopi pucuk merah yang dibudidayakan oleh BUMDes Maju Mandiri Sijang menurut Yuspiandi, nantinya diharapkan akan menjadi ciri khas desa sijang dan menjadikan produk unggulan desa yang kedua setelah dodol nanas. "Sekarang dodol nanas masih menjadi produk unggulan desa Sijang yang pertama, dan dengan di tanamnya kopi jenis pucuk merah ini. Nantinya diharapkan menjadi peransang kepada masyarakat, untuk memanfaatkan lahan kosong agar dapat ditanami dengan komoditas kopi," jelas Yuspiandi.  

"Karena lahan yang terdapat di desa Sijang masih sangat cocok untuk ditanami dengan komoditas kopi," lanjut Yuspiandi.

Dikemukakan oleh Yuspiandi, BUMDes Maju Mandiri Sijang nantinya akan menjadikan areal kebun kopi sebagai tempat agrowisata.

"Agrowisata dari kebun kopi nantinya diharapkan akan berdampak langsung kepada perekonomian masyarakat," kata Yuspiandi. 

"Geliat ekonomi dari agrowisata BUMDes kedepan, tentunya selain menjadikan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan BUMDes. Dan tentu akan menambah pendapatan desa asli," terang Yuspiandi. 

Budidaya tanaman kopi yang telah dilakukan oleh BUMDes Maju Mandiri Sijang, juga tidak lepas dari peran semua pihak. Karena itu, Yuspiandi menyampaikan terima kasih kepada pihak tersebut.

"Dan kami BUMDes Maju Mandiri Sijang sangat berterima kasih kepda pemerintah kabupaten Sambas melaui dinas Sosial PMD, pemerintah kecamatan Galing. Dan kepada masyarakat desa Sijang yang telah mendukung BUMDes, dalam bergerak dan membudidayakan kopi ini. Bersama BUMDes Maju Mandiri Sijang kita bangun desa kita," ajak Yuspiandi.

Share:
Komentar

Berita Terkini