Wabup Lepas Ekspor Biji Pinang dari Tebas

Editor: Redaksi

 

Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi melakukan pelepasan ekspor biji pinang di desa Mekar Sekuntum kecamatan Tebas, Jumat (5/11/2021)

Sambasnews.com (TEBAS)-Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi didampingi Camat Tebas Slamet Riadi dan Kepala Desa Mekar Sekuntum kecamatan Tebas melakukan pelepasan ekspor biji pinang oleh Perusahaan eksportir PT Agro Borneo Maju, di desa Mekar Sekuntum kecamatan Tebas kabupaten Sambas, Jumat (5/11/2021).

Wakil Bupati mengapresiasi ekspor biji pinang keluar negeri yang dilakukan, dan merupakan kesempatan besar untuk jadi komoditas unggulan.

"Jadi kalau saya lihat tadi sebenarnya, komoditas pinang ini sangat besar kesempatannya untuk dijadikan unggulan komoditas ekspor oleh kabupaten Sambas," ujar Wakil Bupati, Jumat (5/11).

Wabup berkeinginan, kegiatan ekspor tersebut dapat terus dilakukan. Sehingga masyarakat yang memiliki tanaman pinang mendapatkan manfaat lebih dari jenis tumbuhan pekarangan tersebut.

"Hal ini dibuktikan oleh kawan-kawan kita yang telah mengekspor pinang ke luar negeri. Harapannya ini terus berkembang dan bisa terus dilakukan," kata Fahrur Rofi .

Wabup mengungkapkan, potensi pasar ekspor sangat terbuka luas, hanya saja memenuhi permintaan secara terus menerus dan dengan kuantitas dan kualitas yang tinggi menjadi kendalanya.

"Sebenarnya diluar pinang juga ada komoditas lainnya seperti beras dan produk hortikultura, namun kuantitas jumlahnya yang belum bisa dipenuhi," kata Wabup.

"Kedepan masyarakat kita dorong dengan keterlibatan pemda mengedukasi masyarakat dan sadar serta fokus mengembangkan komoditas eskpor lainnya seperti Lada, Kelapa dan Jeruk yang ada di Sambas," lanjutnya.

Kabupaten Sambas papar, Wabup juga membentangkan karpet merah bagi perusahaan eksportir untuk membuka usahanya di Sambas.

"Keterlibatan Pemda juga tentu kita membuka ruang bagi perusahaan ekspor untuk hadir di Sambas dan mendorong memperbanyak kuantitas komoditas ekspor yang ada, dan maksimalisasi inpres 01, karena ini juga termasuk komoditas ekspor yang didorong oleh pemerintah pusat," jelas Wakil Bupati.

Share:
Komentar

Berita Terkini