Ajak Petani dan Peternak Gunakan Pupuk Alami, Kodim Sambas Gelar Sosialisasi Pembekalan Keterampilan

Editor: Redaksi

 

Sosialisasi pembekalan keterampilan pertanian dan peternakan melalui fermentasi pupuk kompos, pakan ternak, penyubur tanah dan minuman ayam di Makodim 1208/Sambas, Kamis (20/1/2022)


Sambasnews.com (SAMBAS)-Komandan Kodim 1208/Sambas Letkol Inf Dadang Armada mengatakan, komoditas pertanian, perkebunan, dan peternakan di Kabupaten Sambas sangat potensial dan strategis dalam mendukung kemandirian pangan masyarakat setempat. 

Dikatakan, peningkatan produktivitas tanaman pertanian dan perkebunan tersebut menghadapi berbagai kendala, diantaranya menurunnya kualitas lahan pertanian yang disebabkan oleh residu bahan agro-kimia.

"Pemakaian bahan kimia yang berkepanjangan pada aplikasi pengolahan lahan, menyebabkan terjadinya pengerasan lahan pada lapisan atas tanah. Hal tersebut mengakibatkan kesuburan lahan menjadi terganggu sehingga tanah tidak mampu mensuplai unsur hara bagi tanaman," ujar Dandim, saat membuka sosialisasi, pembekalan keterampilan pertanian dan peternakan melalui fermentasi pupuk kompos, pakan ternak, penyubur tanah dan minuman ayam yang digelar oleh Kodim 1208 Sambas, Kamis (20/1/2022).

Mengatasi hal tersebut lanjut Dandim, Kodim Sambas menggelar Sosialisasi Pembekalan Keterampilan Pertanian Melalui, Permentasi Pupuk Kompos, Pakan Ternak, Penyubur Tanah dan Minuman Ayam di Aula Makodim 1208/Sambas, di Jalan Tabrani kota Sambas.

"Kondisi lahan pertanian dan perkebunan perlu dilakukan program pengembalian hara tanah, dengan penambahan pupuk organik untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah," kata Dandim.

Melalui kegiatan tersebut Dandim mengajak, Babinsa, Bhabinkamtibmas bersama masyarakat bersatu padu melalui Pengembangan Program  Pengabdian Masyarakat berbasis Pemanfaatan Hasil Penelitian dan Penerapan Teknologi Tepat Guna dengan tema Keterampilan Pertanian Melalui, Permentasi Pupuk Kompos, Pakan Ternak, Penyubur Tanah dan Minuman Ayam.

"Kebutuhan Protein Masyarakat sangatlah dibutuhkan dalam menghadapi pandemi Covid 19 di wilayah Kabupaten Sambas, ini merupakan tanggung jawab kita bersama," sebut Dandim.

"Sosialisasi dan penyuluhan ini diharapkan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat terutama petani dan peternak. Hal ini dikarenakan saling kombinasi antara petani dan peternak untuk memanfaatkan lahan tanah dalam mengolah tumbuhan disekitar dengan teknik mempermentasikannya, sehingga dapat membuat pupuk kompos mandiri," jelas Dandim 

Sosialisasi pembekalan keterampilan pertanian dan peternakan melalui fermentasi pupuk kompos, pakan ternak, penyubur tanah dan minuman ayam yang digelar oleh Kodim. Dihadiri oleh Bupati Sambas H Satono, Dandim 1208/Sambas Letkol Inf Dadang Armada Sari, Kapolres Sambas AKBP Laba Meliala, Perwakilan dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Sambas, Para Danramil Jajaran Kodim Sambas, Babinsa, Bhabinkamtibmas. Serta ketua dan anggota Gapoktan yang terdapat di Kabupaten Sambas.

Share:
Komentar

Berita Terkini