Hadiri Even Adat Nungas Taon Desa Gelik, Wabup Fahrur Rofi Dorong Bentuk Pokdarwis

Editor: Redaksi

 

Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi saat menghadiri even adat Nungas Taon di desa Gelik kecamatan Selakau Timur, Sabtu (29/1/2022)

Sambasnews.com (SELAKAU TIMUR)-Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi mengatakan, even adat Nungas Taon yang digelar oleh Majelis Adat, seni dan budaya kampung Mayang desa Gelik kecamatan Selakau Timur, berkaitan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati, Sambas Berkemajuan.

Dikatakan, event yang digelar dengan berbagai jenis kegiatan masuk kedalam sektor yang menjadi visi misi Sambas Berkemajuan.

"Even budaya Nungas Taon ini, masuk semuanya kedalam sektor lini yang akan dibangun di Sambas Berkemajuan. Pak Bupati dan saya ingin membangun sektor yang ada dalam kegiatan Nungas Taon, dan sama dengan yang ada dalam visi misi Sambas Berkemajuan," ujar Wakil Bupati, Sabtu.

Salah satu sektor tersebut menurut Wakil Bupati adalah ekonomi kerakyatan, Wabup menjelaskan benang merah Sambas Berkemajuan adalah ekonomi kerakyatan dan bertumpu kepada pertanian.

"Kenapa pertanian, karena Sambas masyarakatnya 70 persen adalah petani. Terus dibarengi juga dengan adat istiadat, jadi memang inilah cocok sekali dan kita masukkan ini menjadi agenda tahunan kabupaten Sambas," kata Wabup.

"Karena memang kita lagi mendorong one village one produk, dan produknya tidak harus makanan atau hasil pertanian. Namun juga bisa berupa paket wisata," lanjut Wabup.

Fahrur Rofi juga mendorong desa Gelik untuk dapat membentuk Kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis), agar bisa mendapatkan pembinaan.

"Sehingga nantinya masyarakat menjadi masyarakat yang sadar wisata, dan ketika ada wisatawan lokal yang berkunjung dapat untuk menikmati wisata budaya. Masyarakat kita sudah pandai memberikan pelayanan kepada pengunjung, saran saya secepatnya dibikin Pokdarwis," papar Wabup.

"Jadi even adat Nungas Taon tepat sekali, karena benang merah pembangunan Sambas Berkemajuan di bidang pertanian," ucap Wabup.

Ditambahkan oleh Wabup, semua sektor terangkat dalam event adat Nungas Taon di desa Gelik.

"Jadi sektor pertanian terangkat, sektor perekonomian masyarakat juga terangkat, dan sektor pariwisata bisa terangkat. Jadi apa yang sudah dilakukan sudah sangat positif, dan mudah-mudahan bisa dipertahankan dimasa yang akan datang," jelas Wabup.

Share:
Komentar

Berita Terkini