Wabup Fahrur Rofi Buka Open Turnamen Pangkak Gasing Bupati Cup 2022

Editor: Redaksi

 

Penyerahan gasing oleh Ketua panitia pelaksana kepada Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi

Sambasnews.com (SEBAWI)-Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi membuka turnamen gasing, yang digelar oleh Komunitas Pecinta Gasing Sambas di gelanggang pangkak gasing paggong danau Sebedang kecamatan Sebawi, Sabtu (26/2/2022).

Pembukaan turnamen pangkak gasing juga di hadiri oleh Junaidi, anggota DPRD kabupaten Sambas, Dinas Parpora, Dinas Perikanan Peternakan dan Kesehatan Hewan, Camat Sebawi dan unsur Forkopincam Sebawi.

Wakil Bupati dalam kesempatan tersebut mengatakan, agar turnamen pangkak gasing bisa dijadikan agenda tahunan kabupaten Sambas dan dilestarikan.

Wakil Bupati mengemukakan saat ini sudah terjadi pergeseran mental anak-anak muda di kabupaten Sambas, sehingga sudah tidak banyak lagi yang mengenal gasing.

"Anak-anak kita bahkan lebih mengenal gasing mainan yang berasal dari luar negeri," ujar Wabup, Sabtu (26/2/2022).

Padahal lanjut Fahrur Rofi, gasing di kabupaten Sambas itu ada serta merupakan budaya orang Sambas.

"Gasing merupakan salah satu budaya kita, dan ada filosofi yang perlu ditularkan kepada generasi muda kita," kata Wabup.

"Dan turnamen pangkak gasing yang digelar ini sudah bagus, dan kedepannya kita minta Dinas Pariwisata, anggarkan untuk turnamen seperti ini bahkan lebih besar lagi dari saat ini," sambung Wabup.

Selain itu, Wakil Bupati turut meminta panitia pelaksana untuk mengikut sertakan anak-anak sekolah.

"Anak-anak sekolah diundang untuk hadir, dan dalam kegiatan tersebut tampilkan bagaimana cara membuat gasing. Karena membuat gasing tidak sembarang, ada ilmu yang harus diketahui oleh generasi muda Sambas," jelas Wakil Bupati.

"Jadi harapan saya melalui turnamen ini menjadi awal munculnya budaya gasing ini, hingga generasi selanjutnya," harap Fahrur Rofi.

"Olahraga modern itu penting, namun olahraga tradisional itu lebih penting lagi untuk menjaga khazanah kita. Jadi harapan saya kedepannya ini bisa dikembangkan bersamaan dengan pariwisata di danau Sebedang ini," tutup Wakil Bupati.

Sementara ketua panitia pelaksana Open Turnamen Gasing Bupati cup 2022, Mariono mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan menargetkan 128 tim untuk mengikuti turnamen tersebut.

"Terimakasih kepada wakil Bupati Sambas dan anggota DPRD kabupaten Sambas, Bapak Junaidi, target peserta kita adalah 128 tim, dan sekarang sudah 85 tim mendaftar," kata Mariono.

Ditempat yang sama, Ahmadul Hadi sekretaris panitia pelaksana mengatakan, melalui turnamen pangkak gasing juga sebagai upaya memperkenalkan budaya gasing yang ada di Kabupaten Sambas.

"Melalui kegiatan ini juga kami mengajak semua pihak untuk memperkenalkan budaya gasing kepada masyarakat, dan khususnya bagi generasi muda. Karena permainan tradisional seperti ini sudah hampir ditinggalkan oleh generasi muda," tutup Ahmadul Hadi.

Share:
Komentar

Berita Terkini