Dewan Dukung Wacana Pembentukan Loka POM di Sambas, Figo: Jangan Sampai Menghambat UMKM

Editor: Redaksi

 

Lerry Kurniawan Figo, ketua komisi I DPRD kabupaten Sambas

Sambasnews.com (SAMBAS)-Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo, memberikan dukungan wacana pembentukan Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) yang telah dibicarakan oleh Bupati Sambas, Satono dan pihak Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pontianak Rabu (6/4/2022) kemarin di Sambas.

Pembentukan Loka POM menurut Figo sapaan akrab Lerry Kurniawan Figo, untuk menjamin keamanan pangan dan obat-obatan yang beredar di pasaran sangat penting. Namun legislator Partai Nasdem ini juga mengingatkan, jangan sampai keberadaan Loka POM justru menghambat para pelaku UMKM untuk berkreativitas.

"Kalau memang dipandang perlu dan ada urgensinya, pembentukan Loka POM seperti apa yang dibahas oleh Bapak Bupati dan BBPOM Pontianak tersebut tentu kita dukung. Walaupun secara regulasi tidak ada kewajiban untuk dibahas di parlemen," katanya.

Kemudian sebut Figo, jangan sampai keberadaan Loka POM di Kabupaten Sambas justru berdampak negatif bagi para pelaku UMKM. Karena saat ini katanya, sedang gencar-gencarnya mendorong agar pelaku UMKM berkreativitas, mengeluarkan produk-produk unggulan. Karena POM ini berkaitan dengan ijin edar juga.

Dalam hal ini, Figo meminta Pemerintah Kabupaten Sambas memperhatikan aspek-aspek anggaran sebelum pembentukan Loka POM. 

"Karena dalam perjalanannya nanti, sudah pasti bersinggungan dengan keuangan daerah, lantaran akan ada dana sharing pemerintah ke badan tersebut," tutupnya.

Seperti diketahui,Bupati Sambas, Satono mengatakan, jika ke depan benar-benar terwujud pembentukan Loka POM di Kabupaten Sambas maka Pemerintah Kabupaten Sambas siap menyediakan lahan dan fasilitas pendukung lainnya. Semua itu demi Sambas Baru Berkemajuan.

Pembentukan Loka POM di Kabupaten Sambas kata Bupati, bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan terhadap pangan dan obat-obatan yang beredar di masyarakat. Tentu dalam perjalanan nanti, harus memperhatikan kearifan lokal yang ada

"Untuk melakukan pengawasan secara periodik dan menjamin keamanan produk pangan dan obat-obatan di pasaran, harus ada Loka POM di Kabupaten Sambas. Wacana pembentukan yang telah kami bicarakan sangat saya dukung, dan mudah-mudahan terwujud," harap Bupati.

Share:
Komentar

Berita Terkini