Potensi Budidaya Ikan Dialiran Sungai Sebangkau, Dewan Minta Pemerintah Buat Percontohan dan Beri Bantuan Kepada Pembudidaya

Editor: Redaksi

 

Ivandri, SE, MH, anggota DPRD kabupaten Sambas

Sambasnews.com (SAMBAS)-Anggota DPRD kabupaten Sambas Ivandri, SE, MH mengatakan, potensi aliran sungai Sebangkau untuk budidaya ikan air tawar dengan menggunakan karamba jaring apung (KJA) perlu terlebih dahulu dibuat percontohan. Upaya pemerintah yang telah melirik usaha budidaya ikan di aliran sungai Sebangkau menurut Ivandri, sebaiknya dibarengi dengan penambahan pengetahuan masyarakat terkait budidaya ikan dengan menggunakan KJA. 

"Soal pontensi tentu sangat besar peluangnya, akan tetapi pontensi besar itu tidak akan tergarap secara maksimal bilamana pengetahuan masyarakat tentang budidaya ikan tidak di isi," ujar Ivandri, Jumat (15/04/2022).

Ia melanjutkan, cara yang relatif cepat untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terlebih dahulu menjadikan dulu role model atau percontohan usaha budidaya ikan tersebut.

"Dan ketika sudah ada percontohan pun, tidak cukup juga bila pembudidaya tidak di bantu mulai dari pakannya, kerambanya, juga bibit ikan yang akan dibudidayakan. Pokoknya serba di bantulah untuk menaikan minat masyarakat dalam usaha ini," kata Ivandri. 

Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menambahkan, kondisi kabupaten Sambas yang berada di pesisir menjadi salah pertimbangan dalam menentukan jenis ikan yang akan dibudidayakan.

"Sebaiknya keramba di isi dengan ikan yang bernilai atau yang banyak di senangi masyarakat. Kalau tidak seperti itu, akan kalah dengan ikan laut yang dengan mudah didapatkan, karena kita (kabupaten Sambas) merupakan daerah pesisir yang juga dikenal sebagai penghasil ikan dari laut," tutup Ivandri.

Share:
Komentar

Berita Terkini