Ujian Madrasah MTs Negeri 2 Sambas Gunakan Sistem Digital

Editor: Redaksi

 


Sambasnews.com-Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sambas telah melaksanakan ujian madrasah bagi siswa-siswi di kelas 9. Ujian tersebut dimulai sejak Senin, 18 April 2022 dan hingga berakhir pada Sabtu, 23 April 2022. 

Tahun ini jumlah peserta Ujian Madrasah di MTs N 2 Sambas berjumlah 213 orang yang terbagi pada 11 ruang ujian. 

Kepala MTs Negeri 2 Sambas, Iskandar, S.Pd.I., menyebutkan bahwa pelaksanaan Ujian Madrasah di MTs Negeri 2 Sambas pada tahun ajaran 2021-2022 ini dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya. 

“Dalam pelaksanaan ujian madrasah untuk tahun ini, MTs Negeri 2 Sambas tidak menggunakan Ujian Kertas Pensil (UKP), namun menerapkan sistem ujian secara digital, yakni menggunakan aplikasi google form," ujar Iskandar.

Enda Azwari, S.Ag., Ketua Panitia Ujian Madrasah MTs Negeri 2 Sambas tahun ini menjelaskan, banyak manfaat dan kemudahan yang di dapatkan ketika menerapkan ujian secara digital, atau menggunakan google form.

“Kemudahan dalam menggunakan google form dalam pelaksanaan Ujian Madrasah di MTs Negeri 2 Sambas, Untuk mempermudah dalam proses pengoreksian, penggunaan dana lebih efisien bila dibandingkan ujian kertas pensil, dan tentunya untuk menerapkan penggunaaan teknologi dalam dunia pendidikan," jelasnya.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini lanjutnya, pihak MTs Negeri 2 Sambas memberlakukan persiapan yang cukup matang dalam pelaksaan ujian. Salah satunya dengan benar-benar menerapkan protokol kesehatan.

"Pemberlakuan protokol kesehatan di lingkungan Madrasah selama ujian menjadi perhatian kita, yaitu dengan mengukur suhu tubuh sebelum masuk lingkungan Madrasah, mencuci tangan, mewajibkan siswa mengenakan masker, menjaga jarak, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan ujian," katanya.

"Penggunaan ujian secara digital ini, akan terus di gunakan dalam pembelajaran dan pengajaran di MTs Negeri 2 Sambas. Baik saat pelaksanaan ulangan harian, penilaian akhir semester, dan ataupun ujian madrasah. Hal ini sejalan dengan pemanfaatan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan," tutup Enda.


Penulis: Mori Manjusri, S.Pd., Guru Bahasa Inggris, MTs Negeri 2 Sambas

Editor: Gindra

Share:
Komentar

Berita Terkini