Haliadi Pemuda Desa Sagu Galing Hasilkan 10 Ton Semangka Dari Lahan Tiga Borong

Editor: Redaksi

 

Buah semangka yang dihasilkan oleh Haliadi pemuda desa Sagu kecamatan Galing.

Sambasnews.com (SAMBAS)-Seorang pemuda yang membudidayakan tanaman semangka di Desa Sagu, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, bernama Haliadi, berhasil menanam semangka dan panen sebanyak 10 ton.

"Saya menanam semangka di lahan seluas kurang lebih setengah hektar atau sekitar tiga borong. Berhasil mendapatkan semangka sebanyak 10 ton. Di mana saat panen pertama 7 ton dan panen kedua 3 ton," ujar Haliadi.

Ia menjelaskan, keberhasilan dia memperoleh hasil yang melimpah tersebut karena ketelatenan dan konsistensi dalam bertani. Sebagai anak muda, menanam semangka adalah peluang besar di sektor pertanian.

"Pangsa pasarnya cukup luas, dan tingkat keberhasilan juga besar. Jika proses menanam dan merawatnya benar-benar dilakukan dengan telaten maka hasilnya akan memuaskan. Walaupun di waktu-waktu tertentu, kita harus bekerja ekstra," katanya.

Sementara Ketua Petani Muda Berkemajuan (PMB) Kabupaten Sambas, Ardiansyah mengatakan, keberhasilan petani muda dari Desa Sagu tersebut tidak lepas dari program pemerintah kabupaten Sambas yang mendukung sektor pertanian melalui One Village One Product (OVOP).

"Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Sambas memberikan bantuan berupa cultivator dan memberikan perhatian yang cukup besar kepada petani muda di Desa Sagu. Akhirnya hari ini kita memetik hasilnya. Panen semangka sampai 10 ton," katanya.

Ardiansyah mengatakan, program OVOP yang digalakkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Sambas memang tepat sasaran. Jika masyarakat bisa memanfaatkan peluang tersebut maka sektor pertanian di daerah akan maju. Walaupun itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Sebelumnya, Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi pernah memberikan bantuan berupa cultivator kepada petani di Desa Sagu. Dia mengatakan, bahwa bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah daerah untuk mensukseskan program OVOP.

"Kabupaten Sambas punya potensi besar di bidang pertanian yang belum tergali maksimal selama ini. Saya dan Bapak Bupati Sambas berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian mulai dari hulu sampai ke hilir, salah satunya dengan program OVOP," tutupnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini