DPRD Sambas Konsultasi ke Balai P2P Kalimantan I, Konsultasi Mekanisme Bantuan Rumah Tidak Layak Huni

Editor: Redaksi
Kunjungan komisi II dan III ke Balai Pelaksana Penyedia Perumahan (P2P) Kalimantan I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Jum'at (4/8/2023).


Sambasnews.com - Komisi II bersama Komisi III DPRD Kabupaten Sambas, melakukan Konsultasi ke Balai Pelaksana Penyedia Perumahan (P2P) Kalimantan I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR di Pontianak. Dalam rangka sharing informasi, saran dan penjelasan terkait mekanisme dan percepatan realisasi Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Sambas, Jum'at (4/8/2023). 

Kedatangan Ketua Komisi III, Trisno, SH beserta anggota Komisi II dan III DPRD di terima oleh Kepala Balai P2P,  Ir Andy Suganda MT Diruang Rapat Kepala Balai P2P Kalimantan I.

"Kami dari Komisi II dan Komisi III DPRD Sambas hadir ke Balai P2P Kalimantan I ini, untuk sharing dan memperoleh penjelasan terkait mekanisme memperoleh bantuan rumah yang tak layak huni untuk di kabupaten Sambas," ujar Trisno, Jum'at (4/8/2023).

Penanganan RTLH sebut Trisno, dilakukan melalui program Bantuan Stimulasi Perumahan Swadaya (BSPS). Program BSPS ini didasari oleh Surat Edaran Dirjen Perumahan No.14/SE/Dr/2022 tentang petunjuk teknis penyelenggaraan program BSPS.

"Mekanisme pelaksanaan BSPS dilakukan dengan tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian serta pemanfaatan. Sedangkan Kebijakan syarat rumah layak huni, haruslah mencakup spesifikasi pencahayaan yang cukup, serta memiliki ketahanan bangunan dgn standar SNI, luas bangunan yang cukup dan tersedianya sanitasi dan air minum," jelasnya.

"Kita berharap di Sambas dapat segera terealisasi rumah yang layak huni, dengan spesifikasi yang baik dan nyaman untuk tempat tinggal," sambung Trisno

Trisno menegaskan, penanganan RTLH di Kabupaten Sambas akan sangat membantu masyarakat untuk menempati hunian yang layak dan memacu masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat. 

"Percepatan penanganan RTLH ini sangat bermanfaat untuk menghadirkan hunian yang layak di keluarga dan memacu masyarakat melaksanakan pola hidup yang sehat," tutup Trisno.

Share:
Komentar

Berita Terkini