KPU Sambas Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Editor: Redaksi

 

Simulasi pemungutan suara di TPS 5 Desa Lorong Kecamatan Sambas, Minggu (28/01/2024).

Sambas - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sambas melakukan simulasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dalam pemilihan umum tahun 2024. Kegiatan simulasi digelar di Balairung Sari Desa Lorong, Minggu (28/01/2024).

Ketua KPU Sambas, Irawati, didampingi komisioner KPU lainnya turut hadir menyaksikan simulasi pemungutan suara TPS 6 tersebut.

Bupati Sambas H Satono, juga hadir dalam kegiatan tersebut didampingi oleh unsur Forkopimda dan sejumlah perwakilan pengurus partai politik di Kabupaten Sambas.

Irawati mengatakan, simulasi yang digelar bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat yang akan memberikan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 yang akan datang.

"Kegiatan ini menindaklanjuti Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Barat Nomor: 9/PL.01.8-SD/61/2.1/2024 tanggal 9 Januari 2024, Perihal Pelaksanaan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024," ujar Irawati, Minggu (28/01/2024).

Menurut Irawati, simulasi yang digelar juga merupakan pemantapan pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Yang sebelumnya telah dilakukan di Kecamatan Sebawi beberapa waktu lalu.

"Ini merupakan simulasi pemantapan yang kedua, sehingga KPPS mengetahui fungsi dan wewenang mereka pada saat hari pencoblosan," kata Irawati.

Ketua KPU Sambas mengungkapkan, simulasi juga bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara mencoblos di hari pemungutan suara 14 Februari 2024.

"Kita mengedukasi pemilih bagaimana cara mencoblos, jika ada yang tidak bisa dapat hadir nanti dipraktekkan. Termasuk juga bagi pemilih disabilitas," katanya.

Penghitungan suara dalam simulasi tersebut lanjut Irawati, telah menggunakan aplikasi yang tersambung ke KPU RI.

"Sehingga hasil dari simulasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil pemilihan umum tahun 2024 akan diketahui langsung di KPU RI," jelas Irawati.

Share:
Komentar

Berita Terkini