Pemilihan Duta Penyu Perkuat Upaya Konservasi Penyu di Paloh

Editor: Redaksi

 

Satu diantara kegiatan pada pemilihan duta penyu di Paloh.

Sambas - Pemilihan Duta Penyu Paloh 2024 kembali dilangsungkan setelah 6 tahun mengalami vakum. Kegiatan tersebut telah selesai dilaksanakan pada tanggal 27 Juni hingga 1 Juli 2024 yang lalu. 

Melalui kegiatan tersebut, sebanyak 31 finalis yang telah diseleksi mengikuti karantina Pemilihan Duta Penyu Paloh 2024 di Villa Rumah Terbalik, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Senin, (1/7/2024). 

Ketua Panitia Pemilihan Duta Penyu Paloh 2024, Hendi Gusnadi, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam hal ini Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak, USAID Kolektif, Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI), WWF Indonesia, Pemprov Kalbar, Pemkab Sambas serta pihak terkait yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

"Pemilihan Duta Penyu Paloh 2024 bertujuan untuk menguatkan upaya konservasi penyu di Paloh, dengan mengedepankan edukasi, advokasi, dan kolaborasi," ujar Hendi. 

Duta Penyu kata Hendi, diharapkan menjadi figur inspiratif yang dapat menggerakkan masyarakat dan berbagai pihak untuk bersama-sama melestarikan penyu dan habitatnya, sehingga keseimbangan ekosistem laut dapat terjaga dan keanekaragaman hayati tetap lestari. 

Dia mengungkapkan, pemilihan Duta Penyu Paloh 2024 kali ini, diikuti oleh mayoritas anak-anak yang sedang menempuh pendidikan di bangku SMA. 

"Dari seluruh pendaftar mencapai hampir 80 orang dan yang lolos seleksi sebanyak 31 orang yang menjadi finalis dan mengikuti karantina mulai 27 Juni hingga 1 Juli 2024," ungkapnya. 

"Selama karantina, 31 finalis dibekali dengan berbagai materi tentang etika menjadi seorang duta, konservasi penyu, pengelolaan sampah plastik, demo make-up dan praktek. Selain itu mereka juga turun secara langsung bergantian untuk monitoring penyu bertelur," sambung Hendi. 

Duta Penyu Paloh diharapkan oleh Hendi menjadi agen perubahan untuk menggerakkan masyarakat sekitar agar lebih peduli dalam menjaga sumber daya pesisir Paloh

"Saya harap dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa memotivasi pemuda pemudi yang ada di Kalimantan Barat, khususnya bagi warga lokal di Kecamatan Paloh untuk menjaga penyu yang sekarang hampir punah. Menjaga daerah pesisir dan laut Paloh, serta berharap kegiatan Duta Penyu Paloh dapat terselenggara setiap tahun," kata Hendi. 

Untuk diketahui, Paloh merupakan pantai peneluran penyu terpanjang se-Indonesia sepanjang 63 kilometer dan memiliki garis pantai sepanjang 102,56 kilometer yang membentang dari Desa Kalimantan hingga Desa Temajuk Kecamatan Paloh

Terdapat 6 jenis penyu di Indonesia diantaranya Penyu Hijau, Penyu Belimbing, Penyu Sisik, Penyu Lekang, Penyu Pipih, dan Penyu Tempayan. 

Share:
Komentar

Berita Terkini