Pangdam, BBGRM Ingatkan Pentingnya Gotong Royong

Editor: redaksi
Pangdam XII Tanjungpura di stan pameran dalam kegiatan BBGRM ke XVI di desa Tebas Kuala Sabtu (3/8/2019)


Sambasnews-Panglima Kodam XII Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab, Sabtu pagi turut hadir dalam pencanangan bulan bhakti gotong royong masyarakat  (BBGRM) di desa Tebas Kuala kecamatan Tebas kabupaten Sambas.

Pangdam dalam kesempatan tersebut mengatakan, kehadirannya dalam upaya percepatan pembangunan.

"Kami hadir guna melaksanakan kegiatan yang dilaksanakan, untuk mempercepat proses keseimbangan pembangunan antara perkotaan dan pedesaan. Yang tentunya sangat membutuhkan dukungan serta partisipasi seluruh komponen masyarakat, sehingga program tersebut benar-benar merupakan hal yang berasal dari rakyat untuk rakyat dan dilaksanakan oleh rakyat serta hasilnya diharapkan bermanfaat orang banyak," ujar Pangdam, Sabtu (3/8).

Dikatakan penggunaan istilah gotong royong, merupakan ciri khas budaya bangsa Indonesia sejak dahulu.

"Namun seiring perjalanan waktu dan masuknya pengaruh budaya luar yang sangat individual, saat ini rasa kebersamaan dan gotong royong semakin memudar. Kepekaan sosial mulai berkurang, tegur sapa dan bercengkerama serta kesadaran saling membantu sudah mulai luntur," sebut Pangdam.

Untuk itu lanjutnya, dirinya mengajak menggalakkan lagi budaya gotong royong masyarakat.

"Hal ini sangatlah tepat untuk diterapkan dalam pembangunan di wilayah Provinsi Kalimantan Barat yang kita cintai, dalam mewujudkan masyarakat yang terintegrasi, mandiri dan sejahtera. Untuk menjalankan semangat gotong royong, di tengah-tengah kecenderungan kehidupan seperti sekarang ini yang makin individualistis dan cenderung kompetitif. Serta masih banyak dari kita yang menyukai kerja sendiri sendiri, dibandingkan bekerja bersama-sama," katanya.

Ego daerah, ego sektoral dikatakan lebih menonjol, dibandingkan sinergi dan kerjasama.

"Hal inilah yang perlu kita perbaiki bersama, bulan bhakti gotong royong masyarakat merupakan momentum kita bersama untuk mengingatkan semua kalangan. Agar arti pentingnya gotong-royong, terutama generasi penerus yang akan memikul sejarah ke depan. roda perekonomian harus dapat berjalan lancar, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Provinsi Kalimantan Barat yang lebih maju," jelas Pangdam.

Untuk itu tegas Pangdam, mari kita membangun sinergitas kerjasama yang lebih baik. Dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur, maupun sarana, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Share:
Komentar

Berita Terkini