Peringati Harhubnas KSOP Sintete Gelar Aksi Bersih

Editor: redaksi

Yuli Indrawanto kepala KSOP Sintete 

Sambasnews (Semparuk) -Kantor Kesyahbandaran otoritas pelabuhan (KSOP) Sintete, dalam rangka hari perhubungan nasional (Harhubnas) tahun 2019 turut menggelar kegiatan aksi bersih laut dan pantai.

Kepala KSOP Sintete Yuli Indrawanto mengatakan dalam rangka melaksanakan instruksi dari direktorat jenderal perhubungan laut berupa aksi bersih laut dan pantai. KSOP Sintete menggelar aksi bersih dilingkungan pelabuhan Sintete.

"Aksi bersih-bersih di pelabuhan Sintete kita laksanakan disekitar pelabuhan meliputi pinggir dermaga maupun diarea pelabuhan, dalam rangka memperingati hari perhubungan nasional tahun 2019. Dimana direktorat jenderal perhubungan laut secara serentak mengadakan aksi bersih laut dan pantai diseluruh Indonesia, dengan waktu yang sama yaitu untuk Wib pada pukul 7.30, waktu Indonesia tengah 8.30, dan waktu Indonesia wilayah timur pada 9.30," ungkap Yuli Indrawanto, Kamis.

Kegiatan tersebut lanjutnya dilaksanakan dalam tempo satu jam, sesuai wilayah masing-masing.
Dikemukakan, jika gerakan ini dilakukan secara serentak dengan melibatkan pemangku kepentingan disetiap pelabuhan.

"Dalam kegiatan ini juga melibatkan unsur pemerintah daerah, TNI/Polri maupun masyarakat sekitar pelabuhan, yang mana di Sintete dihadiri Camat, Kapolsek serta instansi di lingkungan pelabuhan Sintete, " katanya.
Kegiatan bersihkan sampah di area pelabuhan Sintete Kamis pagi

Dijelaskan Yuli Indrawanto jika apa yang dilakukan, sebagai upaya menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah di laut ataupun sungai.

"Tujuan kegiatan kita mengedukasi masyarakat, bahwa sampah yang ada di Indonesia sudah sangat kronis. Termasuk dengan pembuangan sampah apalagi sampah plastik," katanya.

Ia menyebutkan dari data statistik, sampah plastik yang dibuang kelaut kurang lebih 3,2 juta ton.

"Sumber yang terbesar yang mengakibatkan biota laut mati, padahal kita tahu laut dan sungai sumber kehidupan bagi masyarakat, jadi pada intinya kita mengedukasi masyarakat supaya tidak tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi sampah plastik," sebutnya. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini