Bupati Hadiri Milad Kedua LTSA Sambas

Editor: redaksi

 
Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili (tengah) foto bersama pada milad LTSA Sambas Rabu (27/11)
Sambasnews.com (SAMBAS)-Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili menghadiri Milad kedua LTSA P2TKLN di Kabupaten Sambas, Rabu (27/11) di komplek Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) kabupaten Sambas jalan Sukaramai Sambas. Kegiatan dalam rangka memperingati berdirinya LTSA yang kedua juga turut dihadiri oleh Konsulat Jenderal RI di Kuching, Yonny Tri Prayitno, serta tamu undangan lainnya.

Bupati dalam kesempatan tersebut mengatakan, jika seluruh Kepala Desa di Kabupaten Sambas harus tahu dan mendata siapa saja masyarakatnya yang sedang dan akan bekerja keluar negeri, untuk menjadi pekerja Migran Indonesia.

Dengan demikian katanya menjadi semakin memperkuat, pekerja Migran mempunyai dokumen yang sah.

“Ini agar anak kita, saudara-saudara kita yang bekerja keluar negeri itu memiliki dokumen yang lengkap dan resmi serta bisa di pertanggung jawabkan dan hadirnya mereka sebagai pekerja yang resmi," ujar Bupati, Rabu.

Hal itu lanjut Atbah, upaya penempatan pekerja bisa terpantau dan terkontrol, sehingga katanya apa yang terjadi disana upaya advokasi, bantuan dan pertolongan bisa dilakukan karena alamat tempat bekerja sudah lengkap.

“Mengapa harus di lakukan mulai dari Desa. Karena pekerja migran di Sambas itu sebagian besar berasal dari Desa,” katanya.

Upaya itu menurut Bupati sangat penting dalam upaya untuk memperkuat pendataan, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan sewaktu waktu maka datanya sudah ada.
“Tentu akan bisa di hubungi setiap saat. Asal mereka ini adalah dari Desa, jadi kami perkuat dari Desa. Maka Kades harus punya data, siapa saja yang berada di luar negeri terdata dengan baik dan bisa dihubungi setiap saat," jelas Bupati.

Atbah juga mengingatkan agar masyarakat kabupaten Sambas yang ingin bekerja keluar negeri untuk selalu menggunakan jalur resmi dan legal.

Kepala Desa diingatkan oleh Bupati, jika ada warga masyarakat yang ingin menjadi pekerja migran di luar negeri agar dimudahkan dan dibantu agar tidak menggunakan jalur ilegal yang bisa membahayakan pekerja itu sendiri.

"Beri kemudahan, juga dibantu dan kawal anak-anak kita yang ingin keluar negeri untuk bekerja," ucapnya.

Dalam Milad kedua LTSA juga diberikan sejumlah penghargaan kepada pihak yang berhasil membantu pekerja migran, salah satunya adalah bank Kalbar. Dengan Kategori Bank Peduli Pekerja Migran Indonesia yang diterima oleh Kepala Cabang Bank Kalbar Kabupaten Sambas. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini