Pemkab Sambas Rencanakan Bangun Pasar Galing

Editor: redaksi

 
Atbah Romin Suhaili, Bupati Sambas
Sambasnews.com (SAMBAS)-Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili Lc MH mengatakan Kecamatan Galing dalam beberpa tahun kedepan akan dibangun, pembangunan dilaksanakan supaya kecamatan Galing menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat juga wisatawan luar negeri.

Diungkapkan oleh Atbah jika Galing merupakan daerah perbatasan yang sering dilewati para wisatawan. Sehingga pembangunan pasar Galing ini tujuannya juga untuk parawisata.

“Pasar Galing merupakan daerah penyangga daerah perbatasan Aruk Sajingan Besar. Jadi harus rapi, indah, tertib, bersih. Karena daerah itu menjadi perlintasan dan persinggahan tamu-tamu yang dari luar negeri maupun dalam negeri ketika dari border Aruk,”ujar Bupati, Jumat.

Diungkapkan oleh Bupati, jika kondisi pasar Galing saat ini penataannya masih kurang teratur, seadanya dan apa adanya. Sehingga kedepanya dengan rencana pembangunan tersebut maka pasar Galing akan menjadi sentral perekonomian masyarakat setempat. Kemudian akan ditata sebaik mungkin, yang ke selanjutnya dikoneksikan dengan wisata.

“Pasar Galing sekarang sudah menjadi sentral ekonomi, jadi melalui rencana pembangunan ini, saya berharap lebih meningkat lagi, yang kedepannya akan disatukan dengan wisata," terang Atbah.

Pembangunan tersebut direncanakan bupati berupa waterfront serta dermaga ditepi sungai yang berada dipasar Galing. Sehingga selain jadi pusat ekonomi dan sebagai penyangga, nantinya akan dibangkitkan pariwisata yang mengandalkan kebudayaan misalkan lomba sampan atau permainan air.

"Galing tentu akan menjadi tujuan wisatawan sehingga di Pasar Galing selain pusat ekonomi juga tempat wisata. Jadi Galing City nantinya, bukan Alok Galing,” ucap Bupati berseloroh.


Pembangunan menurut Bupati direncanakan dimulai dengan perencanaan yang akan dimulai 2020, kemudian dilanjutkan pada 2021, pembangunan akan mulai direalisasikan.

“InsyaAllah, 2021 melalui dana pusat (APBN) pembangunan bisa dimulai, dan di 2020 ini dimulai dengan perencanaan,” ujarnya.

Bupati sangat berharap melalui RT, RW, Kades hingga camat di Galing. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah, bisa membangun kesepakatan dengan masyarakat terutama para warga yang memiliki bangunan ruko, rumah atau tempat usaha lainnya di area Pasar Galing. Sebab dalam rencana pembangunan nantinya, pemerintah hanya memberikan aset bangunan sedangkan lahan itu milik warga.

“Pemkab ingin membangun untuk warga, jadi harus ada kesepakatan dulu, agar warga menyiapkan lahan yang sudah ada, untuk menjadi lokasi dibangunan pasar, karena sifatnya pemerintah membangunkan aset bangunan untuk warga,” jelasnya.

Pada initinya sebut Bupati, pemerintah ingin menjadikan Pasar Galing menjadi tempat yang layak sebagai persinggahan kelas internasional.

"Namun dalam rangka mewujudkannya, dukungan masyarakat terutama pemilik bangunan di Pasar Galing, dan pihak lainnya sangat diperlukan. Sehingga semua rencana bisa berjalan dengan baik dan lancar," kata Bupati (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini