Anggota Dewan Ikut Gorobakso Desa Sempalai Sempalai Sebedang

Editor: Redaksi author photo
Anggota DPRD kabupaten Sambas saat ikuti Gorobakso desa Sempalai dan Sempalai Sebedang, Jum'at

Sambasnews.com, (SAMBAS)-Desa Sempalai kecamatan Tebas dan desa Sempalai Sebedang kecamatan Sebawi, menggelar gotong royong dan bhakti sosial (Gorobakso), Jumat pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan dibatas kecamatan Tebas dan Sebawi tersebut, dilakukan dengan membersihkan parit yang memisahkan desa Sempalai dan desa Sempalai Sebedang.

Ratusan warga dari desa Sempalai dan Sempalai Sebedang, secara bersama-sama menebas rumput yang menjalar di aliran parit batas kecamatan tersebut.

Gotong royong antar desa tersebut di pimpin langsung oleh Kades Sempalai Bastian dan Sempalai Sebedang Mahmudi Rusdi. Gorobakso juga diikuti Bhui Khiong dan Junaidi Ma anggota DPRD dapil II dan dapil I Sambas.

Kepala desa Sempalai Bastian mengatakan dasar dilakukannya kegiatan gotong royong antar desa, melihat kondisi parit yang menjadi batas desa sudah memprihatinkan.

"Melihat kondisi tersebut, kita melakukan koordinasi antara desa Sempalai kecamatan Tebas dan Sempalai Sebedang kecamatan Sebawi," ujar Bastian.

Diungkapkan oleh Bastian jika rencana awal untuk gotong royong, hanya akan dilakukan untuk satu dusun.

"Pertama hanya akan dilakukan dengan sederhana, namun melihat antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk melakukan gotong royong dan melihat kondisi sungai yang cukup memprihatinkan," katanya.

Sehingga dari rencana awal berkembang, lantaran masyarakat ingin melaksanakan gotong royong yang ikhlas giat dan serius.

"Sehingga pada rencana awal, yang hanya akan diikuti oleh 50 orang. Pada akhirnya dengan tanpa disangka-sangka, mungkin sejarah bagi kami di dua desa. Masyarakat yang berpartisipasi dari dua desa lebih dari lima ratus orang bahkan hampir seribu orang," ungkap Bastian.

Kepala desa Sempalai Sebedang kecamatan Sebawi, Mahmudi Rusdi mengatakan, jika kegiatan yang dilakukan merupakan kebersamaan desa Sempalai dan Sempalai Sebedang.

"Sebelumnya juga pernah dilakukan gotong royong serupa, namun baru sebatas kelompok-kelompok. Melihat besarnya keinginan masyarakat melakukan gotong royong, dengan melibatkan banyak unsur," kata Mahmudi Rusdi.

Gotong royong antar desa tersebut di apresiasi oleh anggota DPRD kabupaten Sambas, Junaidi, ia mengatakan apa yang dilakukan oleh desa Sempalai dan Sempalai Sebedang sangat positif.

"Kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan kembali semangat gotong royong, sehingga perlu dikembangkan dan dilestarikan di masa mendatang," katanya.

Disebutkan dengan adanya Gorobakso desa Sempalai dan Sempalai Sebedang, ia berharap akan terus berlanjut.

Selaku anggota DPRD, Junaidi mengatakan akan melakukan upaya sesuai dengan tugasnya.

"Terkait anggaran yang berhubungan dengan anggaran daerah, tentu kami akan berupaya sesuai fungsi kami di DPRD," kata Junaidi. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini