Wakil Bupati Buka Tes SKD CPNS Diikuti 5.487 Peserta

Editor: Redaksi author photo
Wabup Hairiah bersama Sekda meninjau pelaksanaan tes SKD CPNS di Poltesa Sambas

Sambasnews.com, (SAMBAS)-Kompetensi Dasar (SKD) tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), mulai dilaksanakan hari ini dikabupaten Sambas.

Diketahui peserta yang ikut dalam pelaksaan SKD ini merupakan peserta yang telah lulus seleksi administrasi. Terdapat 5.487 orang yang berhak mengikuti SKD  dilaksanakan mulai hari ini hingga 12 Februari 2020 memdatang.

Pelaksanaan SKD tes CPNS di kabupaten Sambas, dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) Tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sambas Hairiah, Kamis.

Seleksi kompetensi dasar, yang dilaksanakan di kampus Politeknik Negeri Sambas, pada saat membuka SKD tersebut Wakil Bupati Hairiah  didampingi oleh Sekda Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar, Ketua DPRD Kabupaten Sambas H Abu Bakar, Asisten Sekda, Staff Ahli, Serta para Kepala OPD dan pengawas dari BKN.

Hairiah dalam kesempatan itu juga,  meninjau langsung, dengan memantau setiap ruangan yang menjadi tempat untuk para peserta melaksanakan tes CPNS. Wabup memantau semua ruangan, mulai dari ruangan server hingga ruangan untuk para peserta melaksanakan tes.

"Tadi semua ruangan masih bersegel, jadi dapat dipastikan untuk tingkat kesiapan dalam penyelenggaraan sudah cukup baik," ujar Hairiah, Kamis di Sambas.

Wabup juga berharap, dalam pelaksanaan tes CPNS kali ini bisa berjalan aman dan lancar. Serta tidak ada kendala yang berarti.

Wakil Bupati Sambas Hj Hairiah sebelumnya mengatakan, tidak akan ada intervensi dalam pelaksanaan Test Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Sambas.

Wabup menegaskan, jika sekarang bukan lagi zamannya intervensi dan mengintervensi. Karena sudah memasuki dunia digital yang semuanya serba teknologi.

"Tidak ada intervensi, Karena sekarang ini sudah zamannya teknologi, tidak mungkin ada intervensi dari siapapun. Karena ini adalah murni dari tim untuk melaksanakan kegiatan tes ujian pegawai negeri atau ASN," tegas Wabup.

Ketua Panitia Penyelenggara Tes CPNS di Kabupaten Sambas, Fery Madagaskar mengatakan bahwa untuk tingkat kesiapan pantia dalam penyelenggaraan tes SKD kali ini sudah cukup baik.

Fery Madagaskar yang juga Sekda Sambas menjelaskan, bahwa peserta yang ikut dalam pelaksaan SKD ini merupakan peserta yang telah lulus seleksi administrasi.

Sehingga menyisakan peserta dengan jumlah 5.487 orang yang kemudian berhak mengikuti SKD yang  dilaksanakan mulai dari 6-12 Februari 2020.

SKD dengan menggunakan metode Computer Assisted Test atau CAT yang disediakan oleh BKN menurut Fery, meliputi Tiga aspek penilaian yaitu Test Wawasan Kebangsaan (TWK), Test Inteligensi Umum (TIU), dan Test Karakteristik Pribadi (TKP).

"Masing-masing memiliki standard nilai (passing grade) meliputi 65 nilai TWK, 80 nilai TIU dan 126 Nilai TKP dengan jumlah total Passing grade 271,” ujar Fery.

Oleh karenanya kata sekda, hasil yang nanti di raih oleh para peserta itulah hasil kerja keras peserta.

"Bahwa Hasil yang peserta terima adalah hasil dari kerja keras sendiri tanpa rekayasa dan tidak ada kepentingan apapun baik secara kelompok maupun personal terhadap kegiatan ini,” tegasnya.

Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi BKPSDMAD Kabupaten Sambas, Dedie Noor mengatakan tes CPNS hari pertama di lingkungan Pemkab Sambas berjalan lancar.

"Semua berjalan lancar, dan besok sudah masuk hari ke kedua.
Alhamdulillah sekarang tidak ada kendala, kalau pun ada ya kecil-kecil, dan bisa kita tangani," ungkapnya.

Saat di konfirmasi, apakah sudah ada peserta yang bisa dinyatakan memenuhi passing grade. Dedi mengatakan jika pihaknya melihat banyak yang mendapatkan nilai tinggi, hanya saja siapa yang lulus passing grade mereka tidak tahu.

Dan ia katakan belum tentu yang lulus passing grade bisa langsung lulus ke tahap selanjutnya, karena tidak menutup kemungkinan terkait adanya nilai yang lebih baik lagi.

"Terkait nilai, kita belum dapat siapa yang memenuhi passing grade, seperti yang di umumkan Kemenpan itu kan minimal 271 nilai minimal yang harus di penuhi peserta. Masing-masing TKP 126, TIU 80, TWK 65," ungkapnya.

Untuk hari pertama sebut Dedi masih belum ada update terbaru terkait nilai.

Passing grade tahun ini lanjutnya, kurang lebih sama seperti tes CPNS 2014.

"Passing grade untuk tahun ini sama dengan yang 2014, jadi lebih rendah daripada test CPNS tahun kemarin," ungkapnya.

Diungkapkan oleh Dedi jika tes kali ini, panitia menyiapkan kurang lebih 200 komputer lengkap. Untuk mendukung pelaksanaan Test CPNS di Kabupaten Sambas.

"Kali ini kita menggunakan enam ruangan, dengan kekuatan peralatan penunjang ada 180 PC, dan cadangan 12 PC," ungkap Dedie. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini