Dewan Dorong Pemkab Bentuk Gugus Tugas Tangan Pemulangan Warga Sambas di Sarawak

Editor: Redaksi
Lerry Kurniawan Figo


Sambasnews.com (SAMBAS)-  Ketua komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo meminta kepada Pemerintah kabupaten Sambas untuk bisa memfasilitasi pemulangan masyarakat Sambas yang saat ini masih ada di Malaysia.

"Pemerintah daerah melalui gugus tugas kita dorong, bagaimana nanti saudara-saudara kita di Malaysia itu bisa di fasilitasi, bisa dibantu terkait dengan mereka-mereka yang berkatagori yang terlantar," ujarnya.

Dalam tanda petik sebut anggota DPRD dari Nasdem ini, adalah mereka yang tidak mempunyai biaya, kemudian tidak mendapat perlindungan.

"Mereka juga yang tidak mempunyai dokumen yang lengkap. Dan kita ketahui sendiri bahwa saudara-saudara kita yang ada di Malaysia, masih cukup banyak  mereka ingin pulang ke daerah," katanya.

DPRD kata Figo, mendorong pemkab Sambas untuk segera merumuskan formulasi untuk bisa mengembalikan masyarakat Sambas yang masih di luar negeri.

"Oleh karena itu kita mendorong kepada pemerintah untuk segera membuat sebuah formulasi yang tepat. Bagaimana mereka yang terlantar itu dapat kita akomodir dapat kita kembalikan ke kabupaten Sambas, baru kemudian setelah pulang di sini nanti kita dapat berikan penanganan lebih lanjut kepada mereka," jelasnya.

Di tambahkan Figo, Pemda juga harus bekerjasama intens dengan konjen untuk menyelesaikan masalah ini.

"Terkait dengan penanganan Covid-19, kita minta juga kepada pemerintah untuk sesuai dengan anjuran Konjen untuk membentuk relawan," ungkapnya.

Disebutkan, nanti dalam struktural gugus itu ada sebuah divisi atau Satgas yang di bawah lansung gugus tugas.

"Itu agar untuk benar-benar fokus tersistematis dan terorganisir dalam rangka memberikan perlindungan dan penanganan kepada saudara-saudara kita yang ada di Malaysia," ungkapnya.

Lebih dari itu, Figo mengatakan, seharusnya Pemkab juga bisa melaksanakan komunikasi politik dan lobi langsung kepada pemerintahan antar negara untuk memulangkan warga Sambas di luar negeri.

"Kita harapkan juga agar Pemkab bisa melakukan komunikasi-komunikasi dengan pihak pemerintah Kuching di Malaysia, lobi-lobi dan komunikasi politik untuk masalah ini," harap Figo.
Share:
Komentar

Berita Terkini