Ekspor Hasil Pertanian, Pemkab Diminta Dukung Hilirisasi Produk Pertanian

Editor: Redaksi

 

Erwin Johana

Sambasnews.com (SAMBAS)- Anggota DPRD kabupaten Sambas, Erwin Johana mengungkapkan potensi hasil pertanian dan perkebunan Sambas secara kuantitas sangat baik. Hal tersebut menurut Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Sambas ini, menjadi peluang ekspor.

"Secara kuantitas produk pertanian dan perkebunan Kabupaten Sambas cukup melimpah, ini sudah menjadi peluang yang terbuka bagi kegiatan ekspor terutama melalui jalur PLBN Aruk," ujar Erwin Johana, Kamis.

Akan tetapi lanjut dia, jika bicara kualitas maka produk tersebut terkadang cukup kesulitan untuk bersaing, namun beberapa produk bisa bersaing di pasaran.

"Kelapa dari Sambas sangat baik secara kualitas dan jumlahnya juga banyak, namun beberapa hasil bumi lainnya yang semestinya menjadi andalan seperti beras ini perlu perhatian serius, agar kualitasnya jauh lebih baik dan bisa bersaing," jelas Erwin.

Karena itu lanjut Erwin, kehadiran pemerintah ditengah petani sangat diperlukan, sehingga bisa membantu peningkatan kualitas hasil tani.

"Saya kira DPRD telah mendorong hingga pemerintah pusat melalui DPR RI, misalnya partai PKB yang selalu membantu memperjuangkan petani baik itu dalam hal pemenuhan bantuan alat dan mesin pertanian, program bantuan benih dan lainnya," katanya.

"Akan tetapi upaya ini baru akan benar-benar maksimal apabila pemerintah di daerah juga sangat serius untuk mendukung hilirisasi produk pertanian, dengan demikian kita bisa bicara ekspor dengan kualitas yang mampu memenangkan persaingan pasar," ungkap Erwin.

Share:
Komentar

Berita Terkini