Peduli HAM, Sambas Raih Penghargaan Kemenkumham

Editor: Redaksi

 

Bupati Sambas saat menerima penghargaan dari Kementerian hukum dan HAM RI di Pontianak

Sambasnews.com (SAMBAS)- Kabupaten Sambas menjadi salah satu kabupaten di Kalimantan Barat, yang dinyatakan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia tahun 2019. Dua Kabupaten di Kalimantan Barat, menerima penghargaan tersebut adalah kabupaten Sambas Kabupaten Kuburaya. 

Penghargaan yang diberikan merupakan bagian Apresiasi Kementerian Hukum dan HAM RI atas kinerja Pemerintah Kabupaten Sambas pada bidang HAM. 

Pemberian penghargaan disampaikan pada Peringatan Hari HAM ke-72 Tahun 2020 yang diperingati secara dalam jaringan bersama Presiden, Menlu RI, Menko Polhukam RI dan MenkumHAM RI serta Ketua Komnas HAM di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin (14/12). 

Penghargaan seperti disampaikan oleh Gubernur Kalbar H Sutarmidji dan Perwakilan Kepala Kantor Wilayah KemkumHAM Kalbar kepada Bupati Sambas dan 4 Kepala daerah lainnya. Peringatan Hari HAM tahun ini mengangkat tema Recover Better - Stand Up for Human Rights. 

Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili mengatakan, penghargaan tersebut bagian dari apresiasi Pemerintah atas kinerja Pemerintah Kabupaten Sambas. 

"Alhamdulillah, upaya kita dalam membina dan mengembangkan Kabupaten yang peduli akan Hak Asasi Manusia, diapresiasi Pemerintah pusat melalui Kementerian Hukum dan HAM. Ini merupakan prestasi membanggakan. Selamat kepada semua jajaran dan dukungan masyarakat Kab Sambas atas capaian ini," ujar Bupati Sambas. Saat menerima penghargaan itu, Bupati didampingi langsung Kepala Bagian Hukum dan Perundang-undangan Setda Kab Sambas, Marjuni. 

Atas capaian itu, Bupati mengajak seluruh jajaran tetap semangat bekerja dan menghadirkan prestasi kinerja terbaik. Harapan dia, Kabupaten Sambas menjadi lebih baik lagi dengan penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM. 

"Harapannya, kedepan Kabupaten Sambas terus meningkatkan pelayanan publik berbasis HAM, kemudahan-kemudahan pelayanan dan menjangkau seluruh lapisan tanpa diskriminasi," pesan Bupati.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ir H Fery Madagaskar MSi, melalui Kabag Hukum Setda Kab Sambas, Marjuni SH mengungkapkan, Kabupaten Sambas sudah 2 kali berturut-turut dinyatakan sebagai Kabupaten Peduli HAM. Tahun pertama Kabupaten Sambas menerima penghargaan itu, pada Tahun 2019 atas capaian Kabupaten Peduli HAM Tahun 2018. 

"Tentunya ini sangat membanggakan. Apa yang telah kita lakukan, dinilai baik oleh pemerintah pusat. Semoga kita semua semakin berkomitmen mewujudkan kepedulian ini," ungkap Marjuni.

Share:
Komentar

Berita Terkini