Dua Hektar Lahan Kebun Warga di Mentibar Paloh Kebakaran

Editor: Redaksi

 

Petugas saat memadamkan api pada lahan yang terbakar/foto istimewa



Sambasnews.com (SAMBAS)- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sambas, Yudi mengatakan, kebakaran hutan dan lahan  (karhutla) melanda kawasan perkebunan warga di kecamatan Paloh Kabupaten Sambas.

Sedikitnya dua hektar lahan gambut hangus dilalap api, Selasa (25/5) di Dusun Sungai Simpur, Desa Mentibar, Kecamatan Paloh.

Dikatakan oleh Yudi upaya pemadaman dilakukan aparat TNI Polri, masyarakat peduli api perusahaan terdekat. Selain itu karena sumber air yang jauh, pemadaman dilakukan melalui udara dengan water boombing.

“Kita berkoodinasi dengan BPBD Provinsi Kalbar untuk melakukan water boombing menggunakan helikopter karena titik api cukup jauh dari sumber air,” ujar Yudi saat dihubungi.

Yudi mengatakan, areal kebun warga yang terbakar adalah kebun nanas, karet dan kebun sawit. Api karhutla sudah merembet ke kebun lima warga yakni kebun nanas milik Tino, kebun karet milik Karya, Hairudin dan Marabuan, serta kebun sawit milik Solihin.

Lebih lanjut, Yudi mengatakan Proses pemadaman api karhutla tersebut lanjut Yudi, sempat terkendala sumber air yang jauh. "Kondisi itu diperparah dengan hembusan angin yang cukup kencang sehingga api cepat membesar membakar tumbuhan kering di sekitar," katanya.

“Sejumlah puluhan orang yang terlibat dalam pemadaman itu, mulai dari anggota Polsek Paloh, Koramil Paloh dan masyarakat peduli api berdasarkan laporan yang diterima BPBD, atas usaha dan kerja keras mereka sangat saya apresiasi,” sebut Yudi.

Share:
Komentar

Berita Terkini