Peduli Kebersihan Lingkungan, Warga Semparuk Perbaiki Jalan Gang Secara Swadaya

Editor: Redaksi

 

Terlihat bersih, jalan akses gang dipasar Semparuk terlihat rapi dan bersih setelah diperbaiki secara swadaya oleh warga setempat


Sambasnews.com (SEMPARUK)- Peduli terhadap kebersihan lingkungan dilingkungan pasar Semparuk kecamatan Semparuk Kabupaten Sambas, membuat Reza Warizal (35) warga dusun Sutera desa Semparuk berinisiatif membersihkan salah satu jalan akses dipasar Semparuk.

Rizal mengatakan, yang melatar belakangi dirinya hingga tergerak membersihkan jalan akses gang tersebut adanya ungkapan kebersihan sebagian dari iman. "Hal tersebut yang melatar belakangi langkah membersihkan jalan akses gang di sini," ujar Reza Warizal, Jum'at.

Rizal menyebutkan, dalam upaya membersihkan jalan akses tersebut. Ia dibantu warga lainnya membersihkan sampah yang menumpuk dan berserakan disepanjang jalan gang.

"Setelah membersihkan sampah yang berserakan dan sudah lama menumpuk di jalan tersebut, kami juga memperbaiki jalan akses dengan cara ditambal menggunakan semen kembali," ucap Rizal.

"Karena merupakan jalan akses yang ramai dilewati pada siang hari, pekerjaan pembersihan jalan tersebut kami lakukan pada malam hari," lanjut Rizal.

Alasan melakukan pekerjaan pada malam hari menurut Rizal, selain relatif sepi juga tidak ingin mengganggu pedagang yang berjualan saat siang hari.

"Kegiatan membersihkan dan memperbaiki jalan gang tersebut kami lakukan selama tiga malam berturut-turut," ucap Rizal.

Rizal menambahkan jika kondisi jalan gang yang dipenuhi tumpukan sampah dan berlubang tersebut sudah berlangsung cukup lama, kondisi tersebut sebutnya terkesan kotor dan tidak asri.

"Jalan berukuran lebih kurang 3 meter yang membelah pasar Semparuk tersebut, sangat membuat tidak nyaman penglihatan dan mengeluarkan aroma tidak sedap. Selain itu juga banyak juga warga yang melintas dijalan tersebut. Dan hal ini sudah berlangsung lama tanpa ada perhatian dari pihak terkait, karena itu juga kami berinisiatif membersihkan jalan akses tersebut," jelas Rizal.



Dukungan terhadap upaya membersihkan lingkungan turut disampaikan Apen, pemilik toko yang berdampingan dengan jalan akses gang tersebut.

"Kita berikan dukungan atas pembersihan lingkungan jalan disini, ini sangat baik. Kedepan untuk lebih indah tembok disisi kanan dan kiri jalan akan kita cat," kata Apen.




Penulis : Radiman 

Editor    :Gindra







Share:
Komentar

Berita Terkini