Camat Tebas Lepas Pengiriman Perdana Bibit Jeruk Sejiram ke Kalsel

Editor: Redaksi

 

Camat Tebas Slamet Riadi menggunting pita tanda pelepasan pengiriman bibit jeruk Sejiram ke Kalsel, Kamis (14/10/2021)

Sambasnews.com (SAMBAS)-Camat Tebas Slamet Riadi, melakukan pelepasan perdana pengiriman bibit jeruk siam desa Sejiram kecamatan Tebas ke Kalimantan Selatan. Sebanyak 30 ribu bibit jeruk Sejiram, dikirim dari desa Sejiram dengan angkutan truk menuju Kalimantan Selatan, Kamis (14/10/2021).

Kegiatan yang digelar di gedung olahraga desa Sejiram, juga dihadiri oleh anggota DPRD kabupaten Sambas H Bahidin, Kepala UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar, Anton Kamaruddin, Kepala Wilker Balai Karantina Sintete Cecep Suherman, Kepala BPP Tebas, Suliati serta Kepala desa Sejiram Hemdi.

Slamet Riadi mengatakan, dengan pengiriman bibit jeruk merupakan awal yang baik untuk menjadikan desa Sejiram sentra bibit holtikultura.

"Pengiriman bibit jeruk dari Sejiram kecamatan Tebas ke Kalimantan Selatan, merupakan suatu awal yang baik. Dan tentunya, kami menyambut positif dan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh desa Sejiram," ujar Slamet Riadi, Kamis.

Disebutkan oleh Camat, apa yang telah dilakukan oleh desa Sejiram sangat merupakan langkah yang positif.

"Apalagi visi misi kabupaten Sambas membawa Sambas Berkemajuan, memajukan dan mensejahterakan petani salah satunya melakukan pengiriman bibit jeruk dari Sejiram secara resmi," kata Slamet Riadi. 

"Tentunya ada beberapa yang menjadi harapan kita, khususnya kepada petani. Dimana mereka harus tetap menjaga kualitas, kemudian dapat memenuhi kuota yang dipesan khususnya oleh Dinas pertanian Kalbar. Kemudian harga bersaing, dan tentunya yang lain adalah kekompakan," kata Slamet Riadi.

Camat mengharapkan ilmu yang didapat oleh petani tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga bisa ditularkan kepada yang lain.

"Dan harapan kami juga kepada Dinas pertanian provinsi Kalimantan Barat, Bahwa kegiatan ini bukan awal ataupun akhir. Tapi merupakan awal untuk dapat berkelanjutan nantinya, dimana bibit akan dikirim tidak hanya ke Kalsel. Tapi juga untuk provinsi lain diluar Kalimantan Barat," tutup Slamet.

Kepala UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar, Anton Kamaruddin mengatakan pengiriman bibit jeruk Sejiram dapat terus berlanjut.

"Kita berharap kolaborasi antara kabupaten Sambas dan didukung kekompakan petani Sejiram, sehingga bisa mengangkat Sejiram khususnya akan kita usulkan sebagai kampung benih jeruk yang merupakan salah satu program Dirjen Hortikultura. Kita berharap semoga ini terus berlanjut, sesuai dengan apa yang kita harapkan," katanya.

Share:
Komentar

Berita Terkini