Peringatan Maulud Nabi, Semangat Hidupkan Sunah Nabi Muhammad SAW

Editor: Redaksi

 

Ustadz Atbah Romin Suhaili menyampaikan tausiyah di mesjid Al Kausar desa Lumbang kecamatan Sambas

Sambasnews.com (SAMBAS)-Pimpinan Rumah Quran Akhlak Mulia Sambas, Ustadz H Atbah Romin Suhaili Lc MH mengatakan, Maulud Baginda Nabi Muhammad, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam adalah momentum yang tepat bagi ummat muslim memperbanyak shalawat. Hal tersebut disampaikan oleh Ustadz Atbah saat memberikan tausyah di Masjid Al Kausar Dusun Keramat Desa Lumbang Kecamatan Sambas, Sabtu Malam (23/10). Memperingati hari lahirnya Baginda Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam, disebutkan minimal ada tiga hal yang harus ditingkatkan ummat muslim. 

"Sebagai kecintaan kita kepada Baginda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam, yang pertama mari kita jadikan peringatan maulid ini untuk memperbanyak shalawat," ujar Ust Atbah. 

Dia menyebutkan, bershalawat untuk Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam mempunyai keutamaan yang besar. Bahkan Allah dan Malaikat-Nya terang Bupati Sambas periode 2016-2021 ini juga bershalawat kepada Nabi. 

"Allah tidak sholat, tidak puasa, tetapi dalam riwayat hadist, Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada baginda Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam. Ini menunjukkan bershalawat kepada Nabi Muhammad, mempunyai keunggulan dan keutamaan tersendiri di Sisi Allah Subhanahu Wa Ta Ala," ingat Atbah Romin Suhaili. 

Dia menjelaskan beberapa keutamaan dan manfaat bershalawat, diantaranya sebagai bentuk mengamalkan perintah Allah Subhanahu Wa Ta Ala, mendapatkan sepuluh kali lipat shalawat dari Allah Subhanahu Wa Ta Ala. 

Bahkan diungkapkan Ustadz Atbah, orang yang bershalawat diangkat derajatnya, ditulis baginya sepuluh kebaikan dan dihapuskannya sepuluh keburukannya. "Bershalawat juga menjadi salah satu sebab mendapatkan syafaat Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam, dicukupkan kebutuhan kita oleh Allah dan diampuni dosa kita. Dan bershalawat, menunjukkan akan kedermawanan seorang muslim," sebut Atbah. 

Momentum Maulud, disebutkan Atbah, bagian dari kita sebagai ummat untuk bersemangat menghidupkan sunnah Nabi. Diterangkan dia, Allah Subhanahu Wa Ta Ala sudah menegaskan bahwa didalam diri Baginda Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam terdapat Suri Teladan yang baik. 

"Al Quran adalah akhlaknya Rasul. Mari kita peringati hari kelahiran baginda rasul dengan bersemangat meniru Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam. Bagaimana cara Beliau memperlakukan istri, anak-anak, para sahabat. Banyak sunnah-sunnah rasul yang bisa kita tingkatkan lagi kualitas praktinya bagi kita," papar Atbah. 


Hal ketiga yang diingatkan Pimpinan Rumah Quran Akhlak Mulia Sambas ini, jangan sekali-kali menghina, merendahkan dan melecehkan Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam. 

Atbah membeberkan kasus orang-orang yang telah menghina, merendahkan dan melecehkan Baginda Rasulullah. 

"Allah akan membinasakan siapa-siapa saja yang menghina Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam. Sudah banyak contohnya, dan kita sebagai ummat muslim, jangan sampai kita merendahkan Nabi kita," ingat Atbah Romin Suhaili.

Share:
Komentar

Berita Terkini