Apresiasi Keberanian Bupati Sambas Tegur Sopir Truk Sawit, Figo Dorong Pengadaan Jembatan Timbang dan Pembuatan Perbup

Editor: Redaksi

 

Lerry Kurniawan Figo 

Sambasnews.com (SAMBAS)-Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo, mengapresiasi upaya Bupati Sambas, H Satono, yang berani mengambil sikap dengan menegur dan mengingatkan para sopir truk pengangkut buah sawit yang membawa muatan melebihi kapasitas.

Lerry Kurniawan Figo mendorong Bupati Sambas agar mengeluarkan kebijakan yang bersifat menyeluruh berupa Peraturan Bupati (Perbup) yang sifatnya mengikat, mudah diimplementasikan dan punya kepastian hukum.

"Salut dan apresiasi dengan Bapak Bupati Sambas yang berani mengambil sikap dengan menegur dan mengingatkan agar para sopir truk pengangkut buah sawit tidak membawa muatan melebihi tonase di Jalan Raya Paloh. Kami mendorong Bapak Bupati Sambas agar membuat Perbup sebagai payung hukum yang prosesnya lebih sederhana dan adaptif," ujar Lerry Kurniawan Figo.

Perbup tersebut menurut legislator Partai Nasdem ini, dimaksudkan agar setiap perangkat daerah dan instansi terkait dapat menyatukan persepsi dan berkolaborasi demi kepentingan umum. Sehingga para sopir truk pengangkut buah sawit bisa taat kepada aturan yang berlaku, dan jalan tidak mudah rusak.

Figo menawarkan solusi lain, yakni dengan membuat jembatan timbang. Supaya setiap angkutan yang melintas di jalan raya bisa diukur tonasenya. Selain itu, jembatan timbang juga diharapkan mampu meminimalisir angkutan lain yang kelebihan muatan.

"Kalau ada jembatan timbang, maka akan lebih jelas kapasitas dari setiap truk angkutan dan muatan. Bagi yang melanggarnya juga bisa langsung ditindak. Jadi monitoring oleh instansi terkait bisa lebih mudah," katanya.

"Kita juga meminta pihak perusahaan sawit agar kooperatif dengan atensi dari Bupati Sambas. Jangan hanya mencari keuntungan sementara kepentingan masyarakat luas diabaikan," tutup Figo.

Share:
Komentar

Berita Terkini