Bupati Satono Anggarkan Rp 4,5 Miliar Untuk Subsidi Pertanian dan Perikanan

Editor: Redaksi

 


Sambasnews.com (SAMBAS)-Bupati Sambas, H Satono mengatakan, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4,3 miliar dari anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Sambas, untuk program subsidi di sektor pertanian dan perikanan.

Anggaran tersebut menurut Satono, dalam upaya memberikan subsidi pertanian dan pelatihan melalui program pemuda siap kerja.

"Ingat ya, tolong digarisbawahi Rp 4,3 miliar itu dari Penerimaan DAU. Contoh misalnya untuk subsidi pupuk, pembagian bibit-bibit, hingga pelatihan-pelatihan yang ada melalui program Pemuda Siap Kerja sebagai upaya mengurangi inflasi," ujar Bupati.

Betapa pentingnya sektor pertanian dan perikanan di Kabupaten Sambas dalam menyokong ekonomi masyarakat. Bahkan tegasnya, Sambas merupakan penyuplai 25 persen beras untuk Provinsi Kalimantan Barat.

"Sektor pertanian, kami di Kabupaten Sambas penyuplai seperempat kebutuhan beras di Kalbar. Saya bersyukur sekali 70 persen populasi penduduk Sambas itu bergerak di sektor pertanian. Komplit di dalamnya holtikultura dan lain-lain," katanya.

Alokasi Rp 4,3 miliar dari Penerimaan DAU tadi lanjut Bupati Satono, juga dialokasikan untuk mendukung implementasi Undang-undang Cipta Kerja. 

"Kita siapkan paket-paket pelatihan untuk mempersiapkan pemuda-pemudi siap kerja yang punya lifeskill. Jadi tamatan SMA, S1 sekarang mereka banyak nganggur. Kalau nganggur terus terjadi inflasi, harga barang mahal mereka mau makan apa," katanya.

"Lifeskill yang diberikan kepada pemuda-pemudi Kabupaten Sambas tersebut, sebagai bekal mereka jika seandainya ada yang ingin bekerja di luar negeri maka sudah mempunyai keahlian," tutup Satono.

Share:
Komentar

Berita Terkini