Tutup Opster 2022, Danrem: Diharapkan dapat Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Editor: Redaksi

 


Sambasnews.com (SAMBAS)-Komandan Korem 121/Abw, Brigjen TNI Pribadi Jatmiko, menutup secara resmi seluruh rangkaian kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI TA. 2022 Korem 121/ABW yang sudah berlangsung kurang lebih 60 hari.

Penutupan dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola, Sijang Accord, Jalan Lintas Kalimantan Poros Utara, Sijang, Kecamatan Galing kabupaten Sambas, Senin (26/09/2022).

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sambas atas dukungan dan partisipasi dalam kegiatan Opster TNI TA 2022 di tengah situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih kita rasakan, walaupun dampaknya sudah semakin menurun," ujar Danrem, Senin.

Opster menurut Danrem, merupakan salah satu wujud darma bakti TNI dalam rangka memberdayakan masyarakat wilayah perbatasan mengingat wilayah Kabupaten Sambas merupakan daerah perbatasan dengan Malaysia.

"Sehingga, diperlukan adanya percepatan pembangunan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, lancarnya jalur transportasi dan ekonomi maupun peningkatan pembangunan sarana, prasana serta infrastruktur lain untuk kepentingan masyarakat," jelasnya.

"Untuk kepentingan wilayah serta untuk mengejar ketertinggalan dengan daerah lain dalam rangka mensejahterakan masyarakat dan kepentingan pertahanan negara," sambungnya.

Opster TNI TA 2022 Kodam XII/Tpr lanjut Danrem, bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan teritorial TNI sehingga diperoleh hasil yang maksimal. Serta keberhasilan pencapaian tugas khusus dalam jangka waktu, tempat dan dukungan logistik yang telah ditetapkan. 

"Disamping itu juga untuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat peningkatan akselerasi pembangunan di daerah," ucapnya.

Danrem kembali menjelaskan, Opster TNI TA 2022 diselenggarakan selama 60 hari, mulai 29 Juli 2022 sampai dengan 24 September 2022, dengan melibatkan semua komponen bangsa yang terdiri dari 150 personel TNI, Polri, Pemda dan masyarakat. 

"Kegiatan ini dilaksanakan di 4 desa di Kabupaten Sambas, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara dan mewujudkan kecintaan masyarakat terhadap NKRI serta meningkatkan sumber daya masyarakat guna mendukung tugas pokok TNI," jelasnya.

Danrem mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan dalam Opster berupa kegiatan fisik dan non fisik. Yang mana kegiatan fisik, berupa perehapan Jembatan dan pembuatan jalan rabat beton di Dusun Sasak Desa Santaban Kecamatan Sajingan Besar. Di kecamatan Paloh dilakukan pembuatan Jalan Rabat Beton.

"Kemudian di Dusun Merbau Desa Sebubus Kecamatan Paloh, dilaksanakan Perehapan Mushola," ucapnya.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik kata Danrem, dilakukan penyuluhan tentang bela Negara, kegiatan tentang kepramukaan, penyuluhan tentang Pertanian, Kesehatan, hukum dan kamtibmas, tentang penyalahgunaan narkoba, Karhutla, keimigrasian dan penyuluhan tentang pertanahan.

"Dengan dilaksanakannya Opster kita semua berharap dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera. Hal ini sejalan dengan semangat yang terkandung dalam tema Opster TNI TA 2022 Kodam XiI/Tpr, yaitu “Melalui Operasi Teritorial Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Guna Menjaga Stabilitas Nasional Khususnya di Wilayah Perbatasan serta Terciptanya Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” jelasnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini