Apresiasi Desa Pangkalan Bemban Tingkatkan Produksi Pertanian, Bupati Satono Bantu Petani Pangkalan Bemban Gunakan Dana Pribadi

Editor: Redaksi
Bupati Satono menyerahkan bantuan sarana pertanian kepada kelompok tani desa Pangkalan Bemban, Selasa (23/5/2023).


Sambasnews.com-Bupati Sambas H Satono mengapresiasi upaya pemerintah Desa Pangkalan Bemban kecamatan Selakau kabupaten Sambas yang berupaya mendorong sektor pertanian di desa tersebut. 

Menurut dia, upaya tersebut juga mewujudkan visi misi Bupati Sambas yakni One Village One Product (OVOP) dengan memaksimalkan potensi pertanian yang ada di Desa Pangkalan Bemban.

Untuk itu, Satono mengajak seluruh masyarakat Desa Pangkalan Bemban memanfaatkan lahan yang ada. Dengan memanfaatkan lahan dengan bercocok tanam katanya, maka akan dapat mendorong peningkatan perekonomian keluarga. 

“Di Pangkalan Bemban ini tanahnya masih luas, jangan sampai kita tidak memanfaatkan lahan itu. Ayo tanam cabe, sayur, agar kita tidak belanja terus,” ujar Bupati Satono saat menyerahkan bantuan program ketahanan pangan kepada Kelompok Tani  yang ada di Desa Pangkalan Bemban, Selasa (23/5/2023).

Bupati Satono mengungkapkan, tahun ini sebanyak 89 persen calon jemaah haji adalah petani. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa rezeki seorang petani sangat diberkahi oleh Allah SWT.

“Kemarin saya baru selesai buka manasik haji dan 89 persen petani yang berangkat haji. Bukan anggota DPR, bukan pejabat, bukan pedagang, bukan perusahaan, meskipun ada hanya sedikit. Itu artinya rezeki petani itu berkah datang dari Allah,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Satono juga memberikan bantuan dengan menggunakan dana pribadinya kepada Kelompok Tani yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah Desa. Dia juga berkomitmen untuk memberikan alat bantu semprot kepada masing-masing kelompok tani.

“Dari 15 kelompok tani, ada beberapa kelompok yang masih kurang bantuanya. Nanti saya bantu dengan dana pribadi saya, kemudian alat semprot, saya akan bantu untuk setiap kelompok masing-masing satu unit,” tutup Bupati.

Seperti diketahui, Bupati Sambas, Satono menghadiri kegiatan Peningkatan Produksi Tanaman Pangan sekaligus penyerahan bantuan program ketahanan pangan kepada Kelompok Tani  yang ada di Desa Pangkalan Bemban, Selasa. 

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Desa Pangkalan Bemban, Kecamatan Selakau, juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Erwin Johana, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten Sambas, Musanif, Kasatpol PP Sambas, Uray Heriansyah, Camat Selakau, Alfianra, perangkat Desa Pangkalan Bemban, Kelompok Tani Desa Pangkalan Bemban, serta tamu undangan lainnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini