Momen Idul Adha 1444 Hijriah, Karmadi Ajak Teladani Nabi Ibrahim

Editor: Redaksi

 

Karmadi, anggota DPRD Kabupaten Sambas.

Sambasnews.com-Anggota DPRD Kabupaten Sambas Karmadi mengajak umat muslim khususnya di Kabupaten Sambas untuk mengambil hikmah dari perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah katanya, tidak terlepas dari kisah Nabi Ibrahim yang mendapatkan ujian berat dari Allah SWT dengan diperintahkan untuk mengurbankan anak tercintanya.

“Sejarah Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban yang dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijah, tidak lepas dari kisah pengorbanan Nabi Ibrahim. Kala itu, Allah SWT menguji ketakwaan Nabi Ibrahim dengan meminta beliau mengorbankan putra tercintanya Nabi Ismail sebelum diganti dengan domba,” ujar Karmadi, Sabtu.

Karmadi menjelaskan, ujian yang diberikan Allah tersebut merupakan suatu mukjizat sekaligus sebagai contoh bagi umat Islam tentang bagaimana ketaatan Nabi Ibrahim yang ikhlas dan senantiasa sabar dalam menerima ujian dari Allah.

“Kejadian ini tentu sebuah mukjizat dari Allah dan perintah mengorbankan Nabi Ismail hanya sebuah ujian bagi Nabi Ibrahim dan sang putra untuk melihat sejauh mana ketaatan dan cinta Mereka kepada Sang Pencipta,” ungkap Karmadi.

Anggota DPRD Sambas Dapil III (Kecamatan Selakau, Selakau Timur, dan Salatiga) itu menjelaskan, kejadian tersebut merupakan asal mula sunnah berkurban bagi umat Islam setiap Hari Raya Idul Adha. Ibadah kurban dimaknai sebagai bentuk kepasrahan kepada Allah untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta. 

“Ujian tersebut tentu sangat berat mengingat Nabi Ibrahim sangat menyayangi Nabi Ismail. Meskipun demikian, Keduanya tetap teguh dan setia melaksanakan perintah Allah SWT dan lulus dalam ujian tersebut,” jelas Karmadi.

"Dan pada momen ini kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H. Dan mengajak seluruh umat Islam untuk senantiasa taat kepada sang pencipta sebagai mana ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT," tutupnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini