Kebakaran Hanguskan Tiga Ruko di Pemangkat, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Editor: Redaksi

 

Pemadam kebakaran bersama warga berupaya memadamkan api kebakaran di Pemangkat, Sabtu sore (25/11/2023).

Sambas - Kebakaran yang terjadi pada Sabtu sore sekira pukul 14.40 WIB telah menghanguskan tiga rumah toko (Ruko), di jalan Amat Bampe Rt 002 Rw 003, Desa Pemangkat Kota Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas.

Kapolsek Pemangkat AKP Ambril mengungkapkan, akibat kebakaran tersebut tiga pemilik ruko tersebut mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah.

"Tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan hingga mencapai satu miliar dari tiga ruko tersebut," ujar Ambril, Sabtu (25/11/2023).

Kapolsek mengatakan, kebakaran diketahui setelah Elsa Nguinara satu diantara pemilik ruko mencium bau asap di kediaman miliknya.

"Kemudian saudari Elsa Nguinara menuju ke dapur untuk mengecek keberadaan asap tersebut, dan menanyakan kepada karyawannya yang bernama Mona dari mana asal asap tersebut," kata Ambril.

"Namun saudari Mona menjawab tidak tahu, dan Elsa Nguinara mengecek ke atas ruko miliknya tersebut dan langsung membuka pintu atas kemudian langsung melihat asap sudah mengepul dari ruko sebelah tepatnya ruko milik dr Valentine," sambung Kapolsek. Mengetahui sumber asap tersebut lanjut Kapolsek, Elsa Nguinara langsung turun ke bawah untuk memberitahukan kepada suaminya dan langsung bergegas menuju ke luar. 

"Dan ternyata dari luar sudah terlihat dr Valentine oleh Elsa ini dan sedang berteriak ada api, ada api, ada api, dari dalam rukonya sambil berlari menuju keluar. Melihat kejadian tersebut suami dari Elsa Nguinara langsung bergegas untuk memberitahukan perihal tersebut kepada Pemadam kebakaran di Pemangkat untuk meminta pertolongan," kata Kapolsek.

"Penyebab kebakaran di perkirakan  berasal dari arus konsleting listrik dari ruko dr Valentine di lantai atas tepatnya di dapur lantai atas," katanya.

Kapolsek menambahkan, api dapat dipadamkan setelah sebanyak 16 unit mobil Pemadam kebakaran tiba di lokasi kebakaran.

"Armada pemadam kebakaran yang memadamkan api terdiri dari 3 unit mobil pemadam Pemangkat. 1 unit dari BPK Semparuk. 1 unit dari BPK Tebas, 1 unit dari BPK Sambas, 1 unit dari BPK Selakau, 1 unit dari BPK Teluk Suak dan 8 unit dari BPK Singkawang," kata Ambril.

Share:
Komentar

Berita Terkini