3.100 Jaringan Irigasi Lahan Sawah Di Sambas Tahun Ini Diperbaiki

Editor: redaksi

Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili membeli kue putu rateh produk unggulan desa Sungai Kelambu  yang merupakan olahan dari beras 


Sambas-Dalam rangka meningkatkan hasil panen masyarakat Sambas, tahun 2019 Pemkab Sambas merencanakan melakukan perbaikan terhadap ribuan jaringan irigasi di kabupaten Sambas

Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengatakan, terdapat 3.100 jaringan irigasi yang rencananya akan diperbaiki.

"Untuk tahun 2019 akan di lakukan perbaikan terhadap jaringan irigasi pada 3.100 lahan sawah. Di Sambas kita perlu perbaikan terhadap jaringan pengairan yang sudah banyak rusak, melalui program IPDMIP akan dilaksanakan rehab jaringan irigasi pada 3.100 lahan sawah," ujar Atbah.

Melalui Dirjend PSP sebutnya juga sudah diusulkan untuk perbaikan saluran tersier dan quarter.

Selain perbaikan irigasi menurut Atbah, juga di perlukan perbanyakan Kebun Benih Desa.
Upaya tersebut demi mewujudkan kabupaten Sambas sebagai Lumbung Pangan Nasional.

"Perlu di perbanyak kebun benih Desa agar setiap Desa dapat memproduksi benih padi unggul yang, sehingga dapat dipergunakan oleh para petani," tuturnya.

Atbah juga mengungkapkan, sekarang sedang di laksanakan e-RDKK untuk memastikan jumlah petani di Kabupaten Sambas. Karena berkaitan dengan kebutuhan pupuk Sambas.

"Melalui e-RDKK dengan maksud untuk memastikan jumlah petani dan jumlah pupuk subsidi yang dibutuhkan petani di Sambas, sehingga akurasi kebutuhan pupuk subsidi lebih baik," katanya. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini