Dandim Apresiasi Pemangkat Pasang Seribu Bendera

Editor: redaksi
Pemasangan bendera merah putih oleh berbagai elemen masyarakat di kota Pemangkat Minggu (4/8)


Sambasnews-Komandan Kodim 1202/Singkawang Letkol Arm Viktor J.L Lopulalan, S.Sos, mengapresiasi pemasangan seribu bendera merah putih di kota Pemangkat.

Dandim melihat langsung pemasangan seribu bendera, ketika Dandim selesai menghadiri acara di Kota Sambas.
“Saya, Minggu (4/8) siang, bersama dengan pak camat, dari kepolisian, TNI, Atong, dan masyarakat lainnya, melaksanakan pemasangan seribu bendera merah putih, yang dilaksanakan semua elemen masyarakat di Pemangkat, ada tim dari Vihara Bumi Raya Pemangkat, Persatuan Orang Melayu, koramil, polsek, ada juga elemen masyarakat lainnya,” kata Dandim, Minggu (4/8).

Dandim menyebutkan jika TNI, sangat mendukung dan menyambut baik atas apa yang dilakukan di Pemangkat.

"Ini menjadi bukti bahwa masyarakat Pemangkat, cinta tanah air terutama dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 74 di Pemangkat," katanya.

Ditegaskan jika ini menjadi kegiatan yang menunjukkan jiwa nasionalisme, jiwa cinta kepada pancasila, UUD RI 1945.

"Karena dengan memasang bendera merah putih menjadi salah satu perbuatan menunjukkan rasa cinta kepada bangsa, kalau semuanya cinta kepada Negara kita, pembangunan yang dilaksanakan didaerah ini akan lancar,” kata Dandim.

Camat Pemangkat, Slamet Riadi SH mengatakan apa yang dilaksanakan di Pemangkat, yakni pemasangan seribu bendera merah putih, juga bagian melaksanakan apa yang disampaikan pemerintah, yakni memasang bendera satu bulan penuh di bulan Agustus.
Menariknya, pemasangan bendera ini semua elemen di Pemangkat terlibat. Sehingga ini menjadi momen yang baik, karena Pemangkat harus dibangun dengan kebersamaan.
“Semua lapisan masyarakat terlibat, dan ini menjadi momentum tepat untuk terus membangun Pemangkat lebih baik lagi ke depannya, banyak potensi yang harus dikembangkan di kecamatan ini. Dan Pemangkat harus bisa menjadi percontohan kecamatan lainnya di Kabupaten Sambas,” kata Camat Pemangkat.

Persatuan Orang Melayu Pemangkat, Firmansyah menyebutkan pemasangan bendera di Pemangkat, melibatkan seluruh elemen masyarakat. Ini menjadi bentuk kebersamaan di Pemangkat, karena kalau bersatu, semua bisa dilakukan termasuk kebersihan dan untuk kemajuan pemangkat ke depannya.

Sementara satu diantara masyarakat Pemangkat, Atong mengatakan ini merupakan kegiatan tahun ke dua, dimana pada 2018 juga sudah dilakukan pemasangan seribu bendera merah putih untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI.
“Bendera-bendera ini akan dipasang selama satu bulan penuh, nanti pada awal September baru diturunkan, benderanya disimpan untuk dipasang tahun berikutnya, dan di 2019 adalah tahun ke dua kegiatan pemasangan bendera di Pemangkat,” kata Atong.
Ini, sebutnya, bagian dari menunjukkan jiwa nasionalisme warga Pemangkat. Terlebih, seluruh kegiatan pemasangan bendera dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat di kecamatan ini.
“Selain pemasangan bendera, pada Minggu ini pada pagi harinya, dilaksanakan pembersihan sampah di Sungai Dusun Flamboyan, yang dilaksanakan Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan Dusun Flamboyan,” katanya.

Ketua KMPL Dusun Flamboyan, Juniardi mengatakan gotong royong membersihkan sampah, merupakan keinginan masyarakat Dusun Flamboyan, untuk membuktikan bahwa masyarakat setempat peduli dengan lingkungan. (Gindra)
Share:
Komentar

Berita Terkini