184 Warga Teluk Keramat Terima BRS

Editor: redaksi

Bupati serahkan bantuan BRS secara simbolis di kecamatan  teluk keramat 

Sambasnews.com (SEKURA) -Sebanyak 184 Warga Kecamatan Teluk Keramat kabupaten Sambas menjadi sasaran Bantuan Rumah Swadaya (BRS).

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, menyerahkan langsung secara simbolis, Bantuan Rumah Swadaya tersebut kepada warga penerima manfaat atau masyarakat berpenghasilan rendah Wilayah Kecamatan Teluk Keramat.

Penyerahan disaksikan oleh Kadis Perkim LH, Camat dan Forkopimcam Teluk Keramat, Pimpinan Cabang Bank Kalbar Sambas dan beberapa tokoh masyarakat.

"Bantuan ini patut disyukuri, karena tidak semua warga yang menerima bantuan ini, tidak semua daerah yang menerima bantuan ini," ujar Bupati.

Dikatakan oleh Bupati dana yang disalurkan tersebut harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Dia mengingatkan agar amanah dalam mengelola keuangan BRS itu.

"Kita harus menyukseskan program ini, agar kedepannya, semakin banyak dan bertambah jumlah sasaran yang digulirkan untuk Masyarakat Kabupaten Sambas terkait BRS ini. InsyaAllah ini akan semakin berkah jika kita mensyukurinya, amanah dalam mengelolanya," ajak dia.

Sementara Kadis Perkim LH Kab Sambas, H Eko Susanto menjelaskan, BRS merupakan salah satu program Pemerintah Pusat. Kata dia, program ini menjadi proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Program ini guna membantu pemerintah daerah dalam pemenuhan kebutuhan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah," ujar dia.

Bantuan ini sebutnya diwujudkan berupa bantuan stimulan. Sasarannya lanjut dia guna peningkatan kualitas rumah tidak layak huni.

"Proyek ini disalurkan melalui Dana Alokasi Khusus, Afirmasi Bidang Perumahan dan Permukiman. Kalo di Kabupaten Sambas, melalui Dinas Perkim LH Kab Sambas," sebut dia.

Diungkapkan Eko, Total Penerima BRS Tahun 2019 di Kecamatan Teluk Keramat sejumlah 184 Unit atau MBR. Besaran Bantuan sebesar 17 Juta 500 Ribu Rupiah.

"Jumlah itu, 15 juta untuk keperluan bahan material, dan sisanya untuk upah tukang. Total dana kegiatan BRS tahun 2019 untuk Kab Sambas mencapai 3 Milyar 220 Juta Rupiah," papar Eko.

Pimpinan Bank Kalbar Sambas, Sukardi mengatakan, Bank yang dipimpinnya dipercaya sebagai penyalur dana BRS. Dia mengatakan, siap menyukseskan program tersebut.

"Alhamdulillah, kami dipercaya sebagai penyalur dana BRS. InsyaAllah kami akan selalu mempermudah program ini demi kesuksesan proyek dan memberikan rasa nyaman penerima Bantuan Rumah Swadaya di Kab Sambas," ungkap Sukardi.

Pelaksanaan dilapangan, penyaluran dana BRS dibantu Tenaga Fasilitator Lapangan. Baik dalam hal Verifikasi Calon Penerima Bantuan, Pembuatan Proposal, RAB hingga pelaporan. Rincian penerima BRS di Teluk Keramat diantaranya, Desa Teluk Kaseh 20 unit, Sengawang 25 unit, Sungai Baru 25 unit, Berlimang 18 unit, Puringan 13 unit, Tambatan 10 unit, Lela 25 unit, Sungai Kumpai 13 unit, Sekura 18 Unit, Tanjung Keracut 17 Unit.


Penulis  : Iyan
Editor     : Gindra
Share:
Komentar

Berita Terkini