Expo PKM Poltesa Hadirkan Puluhan Produk

Editor: redaksi

Produk yang ditampilkan dalam expo PKM Poltesa
Sambasnews.com (SAMBAS)- Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) Rabu (27/11) menggelar Expo program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh dosen-dosen di perguruan tinggi tersebut selama kurun waktu setahun terakhir.

Ketua Program PKM Poltesa, Lang Jagat, ST, MT, mengatakan PKM merupakan bagian dari perwujudan tridharma perguruan tinggi, publikasi expo PKM Poltesa 2019 menurut Lang Jagat, bertujuan agar masyarakat mengetahui bentuk program pengabdian yang dilakukan Poltesa selama setahun terakhir.

"Publikasi PKM tahun 2019 oleh dosen Poltesa, kita juga melaksanakan Expo, Bazar, dan Seminar Nasional,"ujar Lang Jagat, Rabu.

Tujuannya kata Lang Jagat adalah untuk memaparkan produk hasil PKM yang inovatif dan berdaya guna bagi masyarakat, terutama Kabupaten Sambas.

"Kita mempublikasikan dan memaparkan hasil PKM para dosen, agar masyarakat mengetahui bahwa terdapat produk dan inovasi yang dihasilkan, semuanya ini memiliki nilai tambah bagi masyarakat, terutama kelompok masyarakat yang selama ini menjadi sasaran pendampingan PKM,"ungkap Lang Jagat.

Selama ini kata dia, publikasi hasil PKM hanya dilakukan melalui seminar dan jurnal-jurnal, Poltesa mengambil inisiatif untuk juga memaparkan hasil PKM tersebut melalui expo, agar produk yang dihasilkan diketahui secara luas.

"Tak hanya melalui jurnal ilmiah, kita ingin menyampaikan hasil PKM ini kepada masyarakat luas, agar produk yang telah dihasilkan bisa melangkah ke arah komersil, dan masyarakat yang telah mendapatkan pendampingan selama ini bisa memperoleh manfaat ekonomi,"jelasnya.

Terdapat 34 produk hasil PKM yang dipajang pada expo tersebut, ada yang berupa produk hasil olahan makanan yang inovatif, kemudian juga terdapat mesin-mesin yang dirancang untuk kebutuhan petani, selain itu juga terdapat inovasi rancang tenun songket.

Wakil Direktur Poltesa, Yuliansyah SE, ME  mengatakan, sudah semestinya kegiatan PKM menyasar masyarakat untuk diberikan pendampingan dan membantu menciptakan inovasi bagi kebutuhan mereka.

"Salah satu komitmen kampus adalah mewujudkan tri dharma perguruan tinggi, kegiatan ini adalah upaya memperkrnalkan bentuk kepedulian civitas kampus kepada masyarakat kabupaten sambas,"ujarnya.

Kegiatan tersebut kata dia akan dilakukan secara berkelanjutan pada masa mendatang, agar semakin tersebar inovasi bermanfaat yang dihasilkan PKM Poltesa.

"Melalui kegiatan ini kita ingin menyampaikan, apa saja yang menjadi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh dosen Poltesa, sebelumnya bahkan ada juga beberapa produk yang kita pasarkan, dan ada juga mesin pemintal benang emas untuk tenun atau songket sambas yang juga merupakan output dari PKM tersebut,"ungkapnya.

Program PKM yang bersifat pendampingan dan inovatif kata Yuliansyah, juga menyasar Badan Usaha Milik Desa yang ada di Desa-Desa Kabupaten Sambas.

"Kita juga melakukan pendampingan terhadap Bumdes yang ada di Sambas, tujuannya agar produk yang mereka hasilkan memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sehingga keberadaan Bumdes bisa menjadi penopang ekonomi masyarakat desa setempat," tutur Yuliansyah. (Gindra)

Share:
Komentar

Berita Terkini