Bupati Serahkan Langsung Bantuan kebutuhan Pokok Gratis Kerumah Warga

Editor: Redaksi author photo
Serahkan langsung bantuan kepada masyarakat, Bupati Sambas Atbah Romain Suhaili saat serahkan bahan kebutuhan pokok gratis dalam rangka pandemi Covid-19

Sambasnews.com (SAMBAS)- Pemerintah Kabupaten Sambas, sudah menyalurkan bantuan kebutuhan pokok penting secara gratis untuk warga kabupaten sambas. Penyaluran telah dilakukan terhadap 5 kecamatan, berupa beras dan minyak goreng. Lima kecamatan tersebut terdiri atas Kecamatan Selakau, Selakau Timur, dan Salatiga, yang diserahkan pada Selasa (19/5). Kecamatan Semparuk dan Pemangkat, diserahkan pada Rabu (20/5).

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili didampingi Ketua DPRD Kab Sambas, H Abu Bakar. saat penyaluran di Desa Gelik dan Desa Seranggam Kecamatan Selakau Timur, Desa Parit Baru dan Sei Rusa Kec Selakau, Desa Serumpun dan Desa Serunai Kec Salatiga, menyerahkan langsung bantuan door to door ke rumah warga dan secara simbolis di Balai Desa.

Dijelaskan oleh Bupati, bantuan kebutuhan pokok tersebut, bukan dalam rangka Idul Fitri 1441 Hijriah. Disebutkan dia, penyaluran itu menyikapi kondisi pandemi Covid 19.

“Ini bentuk perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas bagi warga Kabupaten Sambas dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Secara bertahap, pemda menggulirkan program bantuan, sebelumnya program operasi pasar murah, sekarang kita salurkan bantuan yang sepenuhnya gratis berupa beras dan minyak goreng,” ungkap Bupati.

Bupati mengharapkan, bantuan yang digulirkan Pemda tersebut bermanfaat meringankan beban warga. Dia mengatakan, Pemda menyikapi pandemi Covid-19 ini mengambil langkah bertahap.

“Pemda terus berupaya agar seluruh warga kita yang terdampak, bisa mendapatkan bantuan. Pemda berupaya maksimal agar bisa merata,” terang Atbah.

Untuk program bantuan kebutuhan pokok gratis, Bupati meminta pihak desa dan kecamatan bisa menyalurkan langsung dari rumah ke rumah warga sasaran.

Dengan demikian lanjut Bupati, agar tidak terjadi kerumunan warga ketika akan mengantri menerima bantuan.

“Bagaimanapun, kita berupaya agar protokol Covid-19, physical distancing atau menjaga jarak, penggunaan masker, cuci tangan, tetap diberlakukan saat penyaluran bantuan. Ini demi kebaikan bersama, satu metode yang kita pakai adalah door to door,” imbuh Bupati.

Kadis Sosial dan PMD Kabupaten Sambas, H Asmani melalui Sekretaris Dinas Sosial dan PMD, Edi, mengatakan, penyaluran bantuan pemda ini sebelum pelaksanaan idul fitri 1441 Hijriah, hanya dijadwalkan menyasar lima kecamatan. Kata dia, jadwal selanjutnya, akan digulirkan awal juni menyasar kecamatan yang belum.

“Bantuan ini bukan dipersiapkan untuk menghadapi perayaan lebaran idul fitri, tetapi sebagai bentuk perhatian pemda kabupaten Sambas pada warga yang terdampak pandemi covid 19,” terang Edi.

Diketahui Kecamatan Salatiga, untuk jumlah keluarga penerima manfaat berjumlah 1.704 Kepala Keluarga, 11,928 Ton Beras, 3.067 liter minyak goreng atau 3.408 pack minyak goreng untuk 5 desa. Kecamatan Selakau jumlah keluarga penerima manfaat 3.771 kepala keluarga, 26,397 ton beras dan 6.788 liter minyak goreng atau 7.542 pack minyak goreng. Sasaran desa di Kecamatan Selakau mencapai 11 Desa.

Untuk kecamatan Selakau Timur, ada 1.137 keluarga penerima manfaat, dengan jumlah bantuan beras 7,959 ton beras, 2.047 liter minyak goreng atau 2.274 pack minyak goreng. Kecamatan Pemangkat, jumlah KPM yang menerima sebanyak 3.182 kepala keluarga, dengan jumlah 22,274 ton beras, 5.278 liter minyak goreng atau 6.364 pack minyak goreng. Kecamatan Semparuk, KPM mencapai 1.651 kepala keluarga, beras yang disalurkan 11,557 ton, 2.972 liter minyak goreng atau 3.302 pack minyak goreng.
Share:
Komentar

Berita Terkini