Ketua DPRD: APBD Sambas Untuk Kepentingan Masyarakat

Editor: Redaksi

 

Pjs Bupati menyampaikan draft Raperda kepada ketua DPRD kabupaten Sambas H Abu Bakar


Sambasnews.com (SAMBAS)- Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H Abu Bakar mengatakan Rencana Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Kabupaten Sambas, tahun anggaran 2021 adalah untuk kepentingan masyarakat Sambas. 

Kata dia, sesuai dengan jadwal yang ada dan yang sudah di sepakati oleh Badan Musyawarah (Bamus) mereka berkeinginan menyelesaikan pembahasan RAPBD 2021 ini tepat waktu. 

Dijelaskan Abu Bakar, penjelasan dari Pjs Bupati Sambas sudah sangat jelas. Dan memang ada pengurangan pendapatan Kabupaten Sambas tahun ini, karena pandemi Covid-19. 

"Apa yang sudah disampaikan Pjs penyampaian saat paripurna cukup jelas. Sesuai dengan jadwal, Pjs menyampaikan penjelasan nota keuangan tahun 2021," ujar H Abu Bakar. 

Diungkapkan oleh ketua DPRD memang pendapatan kabupaten Sambas menurun, salah satunya adalah karena pandemi Covid-19. 

"Dan begitu juga dari dana DAK, DAU dan PAD kita menurun," ucapnya. 

Namun demikian, Abu Bakar berharap pembangunan bisa terus berlanjut. Baik itu di bidang infrastruktur dan bidang-bidang lainnya, seperti sektor pertanian dan lainnya. 

"Tentu kita berharap dan optimis, walaupun anggaran dan pendapatan kita menurun. Pembangunan di Sambas bisa tetap dilaksanakan, dan bisa mengarah untuk kepentingan masyarakat Sambas," tegasnya.

Sebelumnya pada Rabu kemarin, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sambas menggelar sidang Paripurna, di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Sambas.

Paripurna mendengarkan penjelasan Bupati Sambas terhadap Raperda tentang APBD tahun anggaran 2021 dihadiri langsung Pjs Bupati Sambas Dr Syarif Kamaruzzaman dan ketua DPRD H Abu Bakar, dan di dampingi para wakil Ketua DPRD, seperti Ferdinan Syolihin dan  Suriadi.

Dalam Paripuna tersebut Pjs Bupati Sambas Dr Syarif Kamaruzaman mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada anggota DPRD kabupaten yang merupakan mitra pemerintah daerah untuk mewujudkan agar kabupaten Sambas lebih maju dah sejahtera.

"Saya atas nama pemerintah kabupaten Sambas mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada anggota DPRD Sambas dengan kerjasama dalam mewujudkan kabupaten Sambas Sambas lebih maju dan sejahtera," katanya.

Dijelaskan Pjs Bupati, dalam RAPBD 2021 secara umum tetap konsisten dalam untuk membiayai pembangunan daerah.

"Maka dengan penyampaian rapat paripurna ini untuk menunjukkan secara umum rancangan pendapatan dan rencana pengeluaran daerah," katanya

Pendapatan kabupaten Sambas disampaikan Pjs Bupati Sambas masih tergantung dari pemerintah pusat.

"Ya pendapatan kabupaten Sambas masih tergantung dari pemerintah pusat, dan jika dibandingkan dengan pendapatan daerah tahun 2020 maka tahun 2021 ini mengalami penurunan," ujarnya.

Penurunan pendapatan ini disampaikan Pjs Bupati Sambas dikarenakan  pengaruh dari Pendemi Covid-19.

"Ya tentu pengaruh Covid-19 ini sangat terasa sehingga ada penurunan pendapatan daerah," terangnya.

Meski demikian sebutnya, Pemerintah kabupaten Sambas tetap berusaha untuk membangun kabupaten Sambas.

"Pemerintah kabupaten Sambas akan tetap berusaha dalam membangun kabupaten Sambas, dan saya yakin dengan APBD yang ada dengan kekompakan maka kabupaten Sambas dapat maju," jelas Pjs Bupati.

Share:
Komentar

Berita Terkini