Jalan Kabupaten Terancam Putus Akibat Abrasi Pantai, Dewan Desak Pemerintah Segera Bertindak

Editor: Redaksi

 

Kondisi akses jalan kabupaten di kecamatan Paloh yang berjarak lima meter dari bibir pantai

Sambasnews.com (PALOH)- Anggota DPRD kabupaten Sambas asal kecamatan Paloh, Sehan A Rahman mendesak pemerintah bergerak cepat menangani abrasi pantai yang terjadi di kecamatan Paloh.

Ia mengatakan sebagai anggota DPRD, dirinya langsung mendatangi lokasi abrasi pantai setelah mendengar terdapat salah satu tempat usaha yang rusak dihantam gelombang pada Rabu pagi.

"Sudah empat hari terakhir ini alam mengingatkan penghuninya, hari ini  merupakan hari keempat. Dan masih belum dapat dipastikan  kapan alam ini berhenti menghukum penghuninya," ujar Sehan A Rahman, Rabu.

Legislator partai Golkar ini mengatakan, dalam hal ini meminta agar pemerintah bergerak cepat.

"Untuk hal ini kami berharap Pemerintah Pusat, pemerintah Provinsi dan Kabupaten juga BNPB, BPBD provinsi Kalimantan Barat dan BPBD kabupaten Sambas. Agar senantiasa siaga dan bergerak cepat," pinta Sehan.



Ia mengungkapkan akibat abrasi pantai, sejumlah pemukiman dan akses jalan kabupaten mengalami kerusakan.

"Itu sebabnya kita minta pemangku kebijakan bergerak cepat mengambil langkah untuk melakukan evakuasi, dan juga  dapat menganggarkan biaya untuk pembangunan  tanggul beton penahan abrasi," kata Sehan.  

"Hari ini dua lokasi kita pantau, yaitu jalan akses Kabupaten yang terancam putus, dengan hanya berjarak lima meter dari bibir pantai," lanjut Sehan.

Selain itu dikemukakan oleh ketua fraksi partai Golkar DPRD kabupaten Sambas ini, pemukiman penduduk dan lahan pertanian penduduk juga dilakukan pemantauan.

"Tindakan cepat oleh pemerintah diharapkan, agar masyarakat yang berdomisili di pesisir pantai merasa aman dan nyaman," ucapnya. (Gindra)

Share:
Komentar

Berita Terkini