Erwin Johana Dorong Pemkab Perhatikan Petani Gagal Panen Akibat Banjir

Editor: Redaksi

 

Banjir beberapa waktu lalu yang merendam tanaman cabe petani di kecamatan Salatiga

Sambasnews.com (SAMBAS)- Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Sambas, Erwin Johana berharap agar para petani yang mengalami gagal panen akibat kebun atau lahannya terendam banjir beberapa waktu lalu, mendapatkan perhatian dari pemerintah kabupaten Sambas.

"Mudah-mudahan bisa demikian, karena para petani kita ini bercocok tanam dengan susah payah. Dan juga kebanyakan dari petani dikabupaten Sambas menggantungkan penghidupan mereka melalui hasil perkebunan atau lahan pertanian mereka," ujar Erwin.

Meskipun tidak dalam skema bantuan yang instan, dikatakan legislator PKB ini bantuan bisa saja berupa program pertanian Pemkab Sambas yang diarahkan kepada para petani tersebut.

"Bantuan bisa saja berupa pupuk, benih atau bibit tanaman dan lain-lain, namun ini mesti terpapar dan terprogram dengan baik, jika memang ada program pertanian dari pemerintah provinsi atau pemerintah pusat, hendaknya bisa kita arahkan kepada mereka, sesuai dengan apa yang mereka usahakan sebelumnya," jelasnya.

Pemetaan kondisi pertanian dan perkebunan menurut Erwin juga mesti segera dilakukan, ini katanya guna mengantisipasi kebutuhan pangan di masa mendatang.

"Mesti ada penghitungan berapa hektar lahan padi yang rusak ringan, berat dan gagal panen, demikian juga dengan produk pertanian lainnya seperti cabe, serta produk hortikultura akibat terendam air hujan atau banjir," katanya.

Share:
Komentar

Berita Terkini