Penyeberangan Feri Tebas Kuala-Perigi Piai Kembali beroperasi, Dewan Minta PT ASDP Sediakan Dua Kapal

Editor: Redaksi

 

Lerry Kurniawan Figo


Sambasnews.com (SAMBAS)- Anggota DPRD kabupaten Sambas, Lerry Kurniawan Figo megapresiasi Pemerintah Kabupaten Sambas dan pihak PT ASDP yang melakukan langkah cepat dalam melakukan penanganan tenggelamnya kapal Feri KMP Bili.

"Tentu kita panjatkan puji dan syukur dengan perhatian dan partisipasi semua pihak, karena kapal feri KMP Bili dapat di evakuasi dan pelayanan penyeberangan dilintasan Tebas Kuala-Perigi Piai Tekarang sudah beroperasi kembali," ujar Lerry Kurniawan Figo, Senin.

Ketua Komisi I DPRD Sambas ini mengatakan, dampak dari tenggelamnya kapal Feri KMP Bili ini sangat dirasakan oleh masyarakat selama kurang lebih satu bulan terakhir.

"Kita ketahui sendiri bahwa pasca musibah tenggelamnya kapal Feri KMP bili telah meninggalkan berbagai masalah, seperti kerusakan jalan dan harga kebutuhan yang melambung naik, sehingga berdampak terhadap pendapatan ekonomi khususnya untuk kecamatan Jawai, Tekarang dan sekitarnya," terang Figo.

Disampaikan oleh Figo, penyeberangan menggunakan kapal Feri di lintasan tersebut memang sudah kembali beroperasi, namun dikatakan antrian kendaraan dan penumpang yang akan menggunakan jasa penyeberangan kapal feri sangat tinggi.

"Melihat kondisi dilapangan setelah beroperasinya kapal Feri KMP Kerapu pengganti KMP Bili, pada hari pertama saja mobilitas antrean angkutan membludak. Sehingga diperlukan waktu 5 jam untuk bisa menyeberang," katanya.

Akibat kondisi tersebut lanjut legislator Nasdem ini, pelayanan publik tidak optimal dan tidak berkualitas karena lambat.

Untuk itu Figo meminta PT ASDP mengoperasikan dua kapal di lintasan Tebas Kuala-Perigi Piai, agar pelayanan dapat terjangkau dan memuaskan sesuai dengan kebutuhan publik

"Apalagi kita ketahui bahwa banyak angkutan truk untuk pembangunan jalan jembatan sungai Sambas, juga sebentar lagi menjelang lebaran. Ini harus di antisipasi, Kita jadikan pelajaran dan evaluasi bencana kemarin. Maka Melalui kunjungan kerja beberapa waktu lalu kita sudah menyampaikan hal ini, 

bahwa masyarakat sudah puluhan tahun mendambakan ada dua Feri yang siap melayani angkutan di jalur ini," tutur Figo.

Figo mengatakan pihaknya sudah mendorong dan mendesak PT ASDP untuk mewujudkan aspirasi ini. Bupati juga kata Figo sudah melayangkan surat ke ASDP pusat, sedangkan secara politis katanya lagi juga telah minta dukungan kepada wakil ketua komisi V DPR RI Syarif Abdullah Alkadrie untuk memperjuangkan ini.

"Kita berharap ASDP dapat memahami kebutuhan dan tuntutan publik, untuk menyiapkan kapal feri satu lagi.

Sehingga masyarakat benar terbantu dan kita mendapatkan hikmah dan manfaat dari musibah ini," tutupnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini