Kelompok Zikir Al Ikhlas Tebas Sungai Lestarikan Zikir Nazam Sebagai Warisan Budaya

Editor: Redaksi

 

Lestarikan budaya, kelompok zikir nazam Al Ikhlas Tebas Sungai ketika menggelar latihan di kediaman Mahmud satu diantara anggota kelompok tersebut

Sambasnews.com (TEBAS)- Dengan semangat melestarikan kebudayaan yang bernafaskan islam, kelompok arisan Zikir Al Ikhlas desa Tebas Sungai kecamatan Tebas kabupaten Sambas secara rutin menggelar kegiatan latihan Zikir Nazam.

Kegiatan tersebut tidak hanya di ikuti oleh kelompok usia yang lebih tua. Akan tetapi turut diikuti oleh lintas generasi yang sama-sama ingin melestarikannya.

Zikir Nazam merupakan salah satu bentuk kesenian yang bernapaskan Islam. Zikir Nazam juga merupakan salah satu ciri Khas budaya dari Kabupaten Sambas. Biasanya Zikir Nazam ditampilkan oleh masyarakat dalam setiap acara seperti pesta pernikahan, gunting rambut atau tepung tawar dalam budaya Melayu Sambas serta kegiatan lain.

Namun tidak sembarang orang yang bisa menampilkannya. Karena sudah barang tentu memerlukan keterampilan khusus, terutama dalam memainkan alat musik tabuh yakni gendang dengan irama tertentu.

Maka diharapkan bisa menjadi pendorong generasi muda untuk melestarikan budaya Zikir Nazam di Sambas.

Satu diantara anggota arisan Zikir Al Ikhlas, Sudarmono mengatakan kegiatan yang digelar oleh kelompok tersebut sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir.

"Rutin kami lakukan sejak beberapa tahun terakhir, hanya saja pada awal masa pandemi tahun 2020 lalu sempat dihentikan," ujar Darmo sapaan akrab Sudarmono, Senin.



Ia menyebutkan melalui kegiatan rutin yang digelar setiap Minggu ini, selain sarana untuk latihan juga dapat menjalin silaturahmi.

"Kegiatan dilaksanakan pada malam hari setiap minggu sekali yang juga sebagai sarana silaturahmi," sebut Darmo.

"Harapan kita kegiatan yang dilakukan dapat menjadi jembatan dalam upaya melestarikan kebudayaan tersebut kepada generasi muda secara turun temurun agar tidak hilang ditelan zaman," tutup Darmo.

Share:
Komentar

Berita Terkini