Jadikan Dodol Peranggi Produk Unggulan Desa Bekut, Wabup Fahrur Rofi: Ingat Bekut Ingat Dodol Peranggi

Editor: Redaksi

 

Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi saat memperlihatkan dodol peranggi dalam kemasanp desa Bekut 

Sambasnews.com (TEBAS)-Wakil Bupati (Wabup) Sambas Fahrur Rofi mengatakan, dodol labu kuning (peranggi) dari Desa Bekut akan dijadikan produk unggulan desa. Sehingga ketika orang yang ingat dengan Desa Bekut akan mengingat dodol labu kuning tersebut. 

Pemerintah daerah kata Wakil Bupati, akan mendukung sepenuhnya pelaku UMKM di Desa Bekut yang ingin membuat dodol labu kuning.

 “Kita akui pandemi telah menyapu banyak sektor termasuk ekonomi, dan itu sangat berdampak pada pelaku UMKM. Tapi itu tidak akan menghentikan kreatifitas kita untuk terus berkembang dan berpacu dengan tantangan keadaan hari ini dan ke depan,” ujar Wakil Bupati.

Fahrur Rofi berkeinginan, dodol labu kuning produk unggulan Desa Bekut, bisa menembus pasar nasional bahkan internasional. Pemerintah sebut Wakil Bupati, saat ini sedang berusaha membuka pintu ekspor produk unggulan ke Malaysia. Agar Sambas yang notabene dekat dengan Negeri Jiran tak sekedar berbatasan secara teritorial saja. 

“Kita optimis, UMKM di Sambas dapat berkembang dan punya kualitas yang baik. Contohnya dodol labu kuning di Desa Bekut ini. Produksinya sudah bagus dan sesuai standar jual, baik dalam negeri maupun luar negeri,” kata Fahrur Rofi.

Untuk mendukung para UMKM lanjut Wakil Bupati, pemerintah daerah akan melakukan pendampingan di bidang perijinan. Dia ingin dodol labu kuning tersebut berada di pasar yang tepat, misalnya toko-toko retail dan toko oleh-oleh khas Sambas yang punya nilai tinggi dan kompetitif.

Menurutnya, hal yang paling penting dari suatu produk jualan adalah pangsa pasar. Saat ini kata Rofi, pemerintah daerah sedang menjajaki bagaimana produk unggulan desa bisa masuk ke pasar yang potensial. 

Hal sederhana yang sudah dilakukan pemerintah adalah mempromosikan setiap produk unggulan lokal kepada tamu dari luar Sambas.

“Kita sudah komunikasikan dengan dinas terkait, kualitas dodol peranggi desa Bekut sudah oke, tinggal legalitas saja bagaimana agar produk UMKM bisa masuk ke toko-toko yang representatif seperti retail dan sebagainya. Setidaknya, dodol labu kuning ini tidak hanya sekedar produk dari desa tapi juga punya nilai yang tinggi, punya kaliber untuk dipajang di toko retail,” katanya.

Pemilihan labu kuning sebagai bahan baku dodol kata Rofi bukan tak beralasan, di Desa Bekut bahan baku labu kuning sangat melimpah. Apalagi labu kuning mudah dibudidayakan, pemerintah ingin menjadikan dodol labu kuning sebagai ikon Desa Bekut.

“Kita sudah merancang dan masuk dalam RPJMD, bagaimana ke depan setiap desa punya produk unggulan One Village One Product (OVOP), kita akan terus promosikan. Kita juga coba fasilitasi dari sisi finansial supaya mudah untuk pelaku UMKM mendapat modal. Kemudian pelatihan-pelatihan seperti ini juga akan kita gencarkan,” tegas Fahrur Rofi.

Sebelumnya Wakil Bupati Sambas,  didampingi Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sambas, Puspa Rahayu, menutup pelatihan membuat dodol labu kuning dari Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sambas di Kantor Desa Bekut, Kecamatan Tebas, Jumat (10/9/2021).

Pelatihan membuat dodol peranggi dilaksanakan selama empat hari, diikuti oleh PKK dari Desa Sempalai, Makrampai dan dipusatkan di Desa Bekut. Pelatihan itu merupakan upaya pemerintah daerah dalam menciptakan peluang usaha bagi masyarakat Tebas terutama kaum wanita yang ingin berkecimpung di dunia UMKM.



Share:
Komentar

Berita Terkini