Ekspor Pinang Dari Tebas Ke India, Bupati Satono Minta Warga Tanam Pinang

Editor: Redaksi

 

Bupati Sambas H Satono melihat biji pinang yang akan di ekspor ke India

Sambasnews.com (SAMBAS)-Kegiatan ekspor biji pinang dari kabupaten Sambas oleh PT Agro Borneo Maju ke India yang dilakukan eksportir asal kecamatan Tebas, mendapat dukungan penuh dari Bupati Sambas H Satono.

Bupati Sambas H Satono mengatakan, kabupaten Sambas mempunyai banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang bisa di ekspor. Dirinya sangat mengapresiasi terhadap pengusaha di desa Mekar Sekuntum yang bisa melakukan ekspor pinang ke luar negeri.

"Padahal kalau kita lihat, kebun pinang di Sambas ini tidak begitu banyak. Tapi eksportir bisa mengumpulkan pinang dari petani. Sehingga itu tidak langsung akan menjalankan roda perekonomian masyarakat," ujar Bupati.

Bupati Satono berharap, masyarakat bisa menyadari akan potensi buah pinang dari segi ekonomi. Dia mengajak masyarakat banyak-banyak menanam pinang yang memiliki kualitas yang baik agar bisa dijadikan investasi jangka panjang bagi petani.

"Masyarakat kebanyakan hanya menanam pinang sebagai selingan saja. Tapi sekarang petani sudah sadar nilai dan potensi pinang. Artinya, saya ingin apapun sumber daya alam kita yang bisa berdampak pada ekonomi masyarakat itu harus dimaksimalkan," katanya.

Satono meminta masyarakat petani untuk tidak takut bercocok tanam. Dia menyebut, dari ujung Selakau sampai ujung Subah, apapun ditanam bisa hidup. Apalagi tanaman itu dirawat, dipupuk dan dijaga dengan rutin. Hasilnya bisa berkali-kali lipat.

"Potensi ekspor sangat terbuka lebar bagi petani dan pengusaha di Kabupaten Sambas. Sebab, Sambas memiliki pintu keluar masuk Malaysia dari PLBN Aruk ke Biawak," jelas Bupati.

Share:
Komentar

Berita Terkini