Kunjungan Kerja Komisi III DPRD Kabupaten Sambas, Maksimalkan Tugas dan Fungsi Wakil Rakyat

Editor: Redaksi

 

Kunjungan kerja komisi III dan pimpinan DPRD kabupaten Sambas di DPRD Kubu Raya


Sambasnews.com (SAMBAS)-Dalam upaya mendapatkan tambahan referensi terkait optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Legislatif, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Sambas terdiri atas Pimpinan dan Komisi III melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Pontianak dan Kubu Raya.

Ketua DPRD kabupaten Sambas, H Abu Bakar mengatakan, kunjungan kerja di Dua Lembaga Legislatif Daerah Tingkat II tersebut juga untuk mendapatkan informasi memaksimalkan tugas wakil rakyat. 

"Banyak hal yang dilakukan DPRD Kabupaten Sambas dalam memaksimalkan tugas dan fungsi menjalankan lembaga legislatif ini, satu diantaranya, kita menggelar kunjungan kerja ke beberapa daerah dalam rangka menambah referensi kita dalam menjalankan amanah ini," ujar H Abu Bakar. Tujuannya tidak lain lanjut Ketua DPRD, untuk menambah informasi tugas DPRD di daerah lain. 

"Tujuannya yakni agar kita mendapatkan tambahan-tambahan informasi, bagaimana daerah lain dalam memaksimalkan tugas dan tanggung jawab selaku wakil rakyat didaerah," kata Ketua DPRD. 

Ferdinan Syolihin SE, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, juga menyampaikan hal yang senada dengan Ketua DPRD Kabupaten Sambas. Ferdinan pada saat mendampingi Komisi III DPRD, mengemukakan, tugas, fungsi dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat harus dijalankan dengan sebaik mungkin. Menurut dia, dengan saling bertukar informasi sesama lembaga wakil rakyat, akan menambah wawasan dan referensi dalam menjalankan amanah yang diemban. 

"Selalu terjadi pembaharuan regulasi, baik itu aturan mengenai tata kelola atau management hingga aturan yang mengatur rumah tangga DPRD Kabupaten Kota. Dengan saling bertukar informasi mengenai pelaksanaan atau penerapan-penerapan aturan yang ada, memberikan kemudahan kita dalam merumuskan dan menerapkan keputusan termasuk kebijakan strategis agar sesuai regulasi yang berlaku," tutur Ferdinan Syolihin. 

Wakil Ketua Komisi III DPRD Sambas, H Anno mengemukakan, agenda kunker Komisi III ke DPRD  Kuburaya dan Kota Pontianak dalam rangka menggali informasi terkait pelaksanaan tata kelola reses DPRD. 

Selain pelaksanaan Reses, ada beberapa aspek yang menjadi maksud dan tujuan dari kunjungan kerja DPRD Kab Sambas ke 2 DPRD dimaksud. 

"Kita harus selalu melakukan pembaharuan informasi mengenai mekanisme-mekanisme yang ada pada DPRD tingkat Kabupaten, terutama mekanisme lembaga legislatif dalam menjalankan amanah tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat daerah," tutur H Anno. 

"Komunikasi seperti ini, diperlukan, guna mendapatkan masukan atau informasi yang kedepannya bisa kita aplikasikan di Kabupaten Sambas. Tentunya hal yang baik-baik tidak salah untuk kita tiru dan kita aplikasikan di daerah kita," tutup H Anno.

Share:
Komentar

Berita Terkini