Satu Data Sambas Diluncurkan, Wabup: Pemkab Sediakan Data Berkualitas dan Mudah Diakses

Editor: Redaksi

 

Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi meluncurkan portal satu data Sambas di aula Bappeda kabupaten Sambas, Rabu (8/12/2021).


Sambasnews.com (SAMBAS)-Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi mengatakan Pemerintah Kabupaten Sambas telah meluncurkan aplikasi website Satu Data Sambas, sebagai informasi bagi masyarakat seluruh stakeholder terkait dan acuan dalam menentukan arah pembangunan ke depan. 

Disebutkan peluncuran website Satu Data Sambas, juga sekaligus sosialisasi program Satu Data Indonesia (SDI) yang merupakan bentuk tata kelola data pemerintah. Di mana tujuannya untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses oleh dan antar instansi dan masyarakat.

Website Satu Data Sambas menurut Wakil Bupati akan menjadi muara, di mana data yang terkumpul dalam satu tempat bisa dibagipakaikan oleh instansi manapun dan siapapun.

"Peluncuran website Satu Data Sambas ini tujuannya agar pemerintah daerah bisa menyediakan data yang berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagipakaikan antar instansi manapun sampai masyarakat. Bagi pemerintah, satu data adalah penentu arah pembangunan ke depan," ujar Fahrur Rofi, Rabu (8/12/2021).

Wabup mengatakan, muara Satu Data Sambas merupakan langkah awal pemerintahan dalam membangun daerah tidak sekedar dengan pendapat saja namun berdasarkan data yang nyata dan saling berkesinambungan.

"Hari ini, kita mulai membangun Sambas, tidak hanya dengan sebuah pendapat saja, namun dengan data. Pendapat itu baik, tapi harus sesuai dengan data. Ke depan, semuanya harus saling terkoneksi," katanya.

Fahrur Rofi berharap, forum satu data tersebut harus lengkap mulai dari desa, kecamatan sampai kabupaten. Dia berjanji akan memonitor langsung forum satu data tersebut.

"Agar pembangunan bisa nyambung, data harus lengkap, dari desa sampai kabupaten," katanya. 

"Supaya pembangunan kita bisa terarah dan tidak ada lagi leading sektor yang berjalan sendiri-sendiri. Semuanya harus nyambung berdasarkan data yang ada," tutup Wabup.

Share:
Komentar

Berita Terkini