Atasi Stunting, Pemkab Sambas dan Seameo Refcon serta Poltekkes Lanjutkan Kerjasama

Editor: Redaksi

 

Penandatanganan kerjasama penanggulangan stunting Pemkab Sambas bersama Seameo Refcon dan Poltekkes

Sambasnews.com (SAMBAS)-Pemerintah Kabupaten Sambas dan Southeast Asian Ministers of Education Organozation-Regional Center for Food and Nutrition (Seameo Recfon) serta Poltekkes Kemenkes Pontianak melanjutkan kerjasama dalam rangka penguatan intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif guna menanggulangi stunting di tahun 2022 berlanjut.

Penandatanganan perjanjian kerjasama (Memorandum of Agreement) dilaksanakan di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Rabu (12/1/2022).

Mewakili Bupati Sambas, Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar mengatakan, ada dua langkah dalam menyelesaikan masalah stunting di Kabupaten Sambas, yaitu pencegahan dan penanganan. Dua aspek tersebut katanya, harus dilakukan dalam waktu bersamaan.

“Pencegahan dan penanganan harus dilakukan bersamaan, karena masalah stunting ini bukan hanya semata-mata faktor gizi saja. Tapi banyak faktor lain yang mengikuti diantaranya kemiskinan, dan itulah yang menjadi penyebab utama. Kedua sanitasi kurang baik, ketiga air bersih, keempat pengetahuan ibu. Jadi semuanya berpengaruh pada resiko stunting,” ujar Sekda.

Pemerintah Kabupaten Sambas sebut Sekda, melanjutkan kerjasama dengan Seameo Recfon dan Poltekkes Kemenkes Pontianak karena terbukti punya hasil yang signifikan dalam penurunan angka stunting di Sambas. 

"Penurunan angka itu juga, tidak lepas dari peran serta stakeholder lain seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan," katanya.

“Selama lima tahun ini, angka stunting di Kabupaten Sambas sudah turun dari 38 persen menjadi 32 persen. Walaupun masih belum bisa mencapai target nasional yakni 14 persen tapi kita bersyukur, adanya program kerjasama seperti ini turut membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanganan stunting,” jelas Fery Madagaskar. 

Sekda mengemukakan, Pemerintah Kabupaten Sambas akan terus membentuk pelopor-pelopor stunting di setiap sekolah melalui peran guru Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah. Mulai tahun 2022 sampai 2024 nanti, Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas menargetkan pembentukan pelopor stunting di seluruh sekolah akan tuntas.

Penandatanganan perjanjian kerjasama Pemkab Sambas bersama Seameo Recfon dan Poltekkes Kemenkes Pontianak itu dihadiri langsung oleh Direktur Seameo Recfon, Muchtaruddin Mansyur dan Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, Didik Haryadi, Kepala OPD terkait dan para Kepala Sekolah di Kabupaten Sambas.

Seameo Recfon merupakan pusat kajian pendidikan pangan dan gizi yang sebelumnya dikenal dengan nama Seameo Tropmed Regional Center for Community Nutrition (RCCN). Seameo Recfon berfokus pada empat bidang area utama yang menjadi program dan kegiatannya, yaitu Capacity Building atau Seminar dan Workshop, Pengembangan Masyarakat, Penelitian dan Konsultansi, serta Program Pelatihan Bergelar.

Share:
Komentar

Berita Terkini