Dalami Pelaksanaan Pilkades Serentak di Masa Pandemi, Komisi I DPRD Sambas Kunker ke Kubu Raya

Editor: Redaksi

 

Kunker komisi I DPRD kabupaten Sambas di Kubu Raya


Sambasnews.com (SAMBAS)-Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya, Jumat (14/1/2022). 

Kunjungan kerja komisi I yang diketuai Lerry Kurniawan Figo, SH, MH didampingi langsung Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sambas, Ir H Arifidiar MH, Wakil Ketua Komisi I, Sehan A Rahman, SH dan Anggota Komisi I, Plt Sekwan dan Sekretaris Dinas Sosial PMD Kabupaten Sambas. 

Lerry Kurniawan Figo mengatakan, kunker komisi I DPRD kabupaten Sambas dalam rangka mekanisme pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak. 

"Terutama, menyesuaikan pelaksanaan pemilihan kepala desa dikondisi pandemi. Kabupaten Sambas memang sudah pernah menyelenggarakan pemilihan kepala desa serentak, dan hasilnya cukup memuaskan dan sukses. Hanya saja, dikondisi pandemi ini, ada aturan yang mengatur pelaksanaannya. Berbeda dengan pelaksanaan sebelum pandemi, dan Kubu Raya sudah melaksanakan pemilihan itu dimasa pandemi, sehingga penting untuk kita mendalami pengalaman Kubu Raya sebagai tambahan informasi bagi Sambas kedepannya," ujar Lerry Kurniawan Figo.

Legislator Partai Nasdem DPRD Kabupaten Sambas ini menambahkan, Kabupaten Sambas perlu menggali tambahan informasi mengenai pelaksanaan pemilihan kades serentak dengan sistem elektronik voting atau e-Voting. Menurut dia, pemilihan kades serentak secara elektronik itu menarik perhatian legislatif. 

"Kita ketahui kemarin, Kubu Raya merencanakan pelaksanaan pemilihan kades serentak secara elektronik. Hanya saja, seperti disampaikan oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kubu Raya, urung atau batal mereka laksanakan. Ternyata, tahapan dan kesiapan yang diperlukan untuk secara e-Voting, memerlukan kesiapan yang lebih kompleks," papar Lerry Kurniawan Figo.

Wakil Ketua II DPRD, H Arifidiar mengatakan, masukan, informasi dan penjelasan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kubu Raya memberikan informasi strategis terkait efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemilihan kepala desa serentak. Penyelenggaraan dengan e-Voting di Kubu Raya yang akhirnya diurungkan, memberikan informasi penting bagi Kabupaten Sambas.

"Ada beberapa kondisi yang menjadi pertimbangan kita kedepan untuk penyelenggaraan pemilihan kepala desa secara elektronik. Termasuk kondisi pembiayaan yang ternyata lebih tinggi dibanding secara manual. Informasi ini kita dapat setelah melakukan pertemuan dengan Dinas Kubu Raya. Dan Alhamdulillah, banyak masukan yang kita dapat, dapat kita jadikan catatan untuk penyelenggaraan di Sambas nantinya," ungkap H Arifidiar.

Share:
Komentar

Berita Terkini