Wujudkan Program Kampung Buah, Dua Desa di Sambas Terima Dua Ribu Bibit Lengkeng

Editor: Redaksi

 

Penyerahan bibit lengkeng kepada masyarakat

Sambasnews.com (SAMBAS)-Pemerintah pusat mengucurkan bantuan bibit lengkeng sebanyak 2 ribu batang kepada Desa Sejiram kecamatan Tebas dan desa Tanjung Keracut kecamatan Teluk Keramat kabupaten Sambas

Anggota DPR-RI Daniel Johan, yang mendorong program ini mengatakan, dengan bantuan bibit tersebut masyarakat diharapkan tak hanya bisa mengkonsumsi buah berkualitas, namun juga bisa menjualnya ke pasar.

"Bantuan bibit produktif seperti lengkeng ini bertujuan agar para petani bisa mengahsilkan buah-buahan bernilai ekonomi. Masyarakat bisa mengkonsumsi buah dari hasil panen sendiri dan tentu mereka bisa menjual ke pasar dengan harga yang menguntungkan," ujar Daniel Johan.

Legislator PKB tersebut juga berharap agar masyarakat merawat dengan baik bantuan tersebut, hingga menghasilkan buah yang melimpah.

"Sehingga nantinya akan lahir kampung buah di setiap desa dengan ciri khas masing-masing," harapnya.

Program serupa kata Daniel Johan, juga akan terus di dorong dan dikembangkan pada daerah atau desa lainnya.

"Program kampung buah ini akan terus kita dorong, agar Kementerian pertanian menganggarkan lebih banyak jenis buah tentu dengan melihat agroklimat dari masing jenis tanaman," jelasnya.

"Saya akan dorong agar semakin luas desa yang tersentuh dengan berbagai jenis buah sehingga ketergantungan kita terhadap buah impor semakin ditekan, buah dari hasil petani kita semakin banyak mengisi pasar-pasar yang ada, baik tradisional maupun pasar modern," tutup Daniel Johan.

Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kalimantan Barat, Mahendra Perdana, yang juga hadir di saat penyerahan bantuan bibit lengkeng tersebut mengatakan, para petani sudah semestinya mendapatkan perhatian yang besar oleh pemerintah.

"Alhamdulillah 2 ribu batang bibit lengkeng telah disalurkan, ini diharapkan akan mampu membantu perekonomian mereka semua," ungkapnya.

Program Kampung Buah kata Mahendra, adalah upaya yang patut diapresiasi, pasalnya dengan hasil lengkengnya kelak, Desa Sejiram dan Tanjung Keracut akan semakin dikenal, mampu meningkatkan taraf hidup warganya.

"Dalam beberapa tahun mendatang orang-orang akan tahu bahwa di Sambas ada dua desa yakni Sejiram dan Tanjung Keracut, sebagai sentra buah lengkeng, semakin berkembang dan tentu berdampak baik kepada masyarakatnya," papar Mahendra.

Dia juga mengingatkan agar para petani penerima bantuan bibit lengkeng tersebut, terus dipantau dan dibantu oleh para penyuluh pertanian.

"Ini agar para petani bisa menghasilkan buah lengkeng berkualitas baik, dengan hasil panen yang melimpah," terangnya.

"Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPR RI asal Kalbar, bapak Daniel Johan yang telah mendorong terwujudnya bantuan dan program kampung buah tersebut," tutup Mahendra.

Share:
Komentar

Berita Terkini