Dewan Minta Dinas Perpustakaan Maksimalkan Gedung Baru

Editor: Redaksi

 


Sambasnews.com (SAMBAS)-Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Yudha Alwin berharap dengan diresmikannya gedung perpustakaan daerah Kabupaten Sambas, bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sambas. 

Dikatakan, kehadiran gedung perpustakaan daerah Kabupaten Sambas diharapkan akan meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat kabupaten Sambas. 

"Dengan meningkatnya minat baca masyarakat kabupaten Sambas, maka secara tidak lansung akan meningkatkan IPM kita secara perlahan," ujar Yuda Alwin. 

Legislator PKB ini menegaskan, adanya bangunan gedung perpustakaan daerah semestinya tidak hanya menjadi icon Sambas tapi juga harus di manfaatkan dengan maksimal sebagai media pembelajaran bagi siswa-siswi dan masyarakat di Kabupaten Sambas.

"Kedepan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah Kabupaten Sambas harus punya program yang jelas untuk pemanfaatan gedung tersebut. Jangan sampai nanti gedungnya megah, tapi pembacanya disana tidak ada," tegasnya. 

Yudha menyarankan, bisa dengan mewajibkan setiap Minggu ada satu sekolah yang berkunjung atau membaca di perpustakaan daerah kebanggaan masyarakat Sambas itu. 

"Dinas perpustakaan nantinya bisa menjadwalkan masing-masing sekolah wajib untuk berkunjung ke perpustakaan daerah itu setiap Minggu secara bergiliran," katanya. 

"Atau juga bisa melibatkan mahasiswa untuk menghidupkan diskusi di perpustakaan daerah Kabupaten Sambas ini. Dengan begitu, maka secara tidak lansung kita akan meningkatkan kualitas dan minat literasi masyarakat Kabupaten Sambas," tutup Yuda.

Share:
Komentar

Berita Terkini