Apresiasi Pemuda Tani Milenial Parit Kongsi Hasilkan 5 Ton Melon, JPN Sambas Minta Pemerintah Perhatikan Petani Milenial

Editor: Redaksi

 

Buah melon yang dihasilkan petani milenial desa Parit Kongsi kecamatan Selakau.

Sambasnews.com (SAMBAS)-Ketua Komisariat Daerah (Komda) Jaringan Pertanian Nasional (JPN) Kabupaten Sambas Juliadi, mengapresiasi semangat petani milenial desa Parit Kongsi Kecamatan Selakau yang tanggap dalam menangkap peluang demi meningkatkan perekonomian.

Para pemuda yang tergabung dalam JPN katanya, mengambil inisiatif membudidayakan melon yang mempunyai nilai ekonomis sehingga bisa menghasilkan puluhan juta rupiah dari budidaya komoditas melon.

"Tentu apa yang di lakukan oleh para petani milenial, yang tanggap menangkap peluang di sektor pertanian demi meningkatkan perekonomian keluarga. Hal itu harus kita apresiasi dan selalu akan kita berikan motivasi," ujar Juliadi, Selasa.

Petani milenial desa Parit Kongsi kata Juliadi, telah membuktikan dengan semangat kebersamaan.

"Dan sekarang di desa tersebut sudah hampir 20 orang petani milenial yang bertani dan semuanya berhasil dari bertani," katanya.

"Pada awalnya hanya beberapa pemuda yang mau bertani dan alhamdulilah sekarang sudah lebih dari 20 orang petani milenialnya, yang terjun di sektor pertanian dan alhamdulilah sudah berhasil," sambung Juliadi.

Apa yang telah di lakukan oleh para petani milenial di Kabupaten Sambas lanjut Juliadi, sekarang sudah mulai menampakkan pola pikir yang baik, karena tanggap terhadap peluang untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Selain itu juga, sebagian besar masyarakat sudah melek terhadap teknologi. Yang bisa dimanfaatkan petani milenial memasarkan hasil pertanian, dengan sistem menjual produk melalui jualan online.

Kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat Juliadi berharap, agar hadir membantu dan memberikan dukungan kepada Petani Milenial.

"Mereka petani milenial adalah para penerus pahlawan pertaniannya Indonesia, karena mereka yang akan menjaga ketahanan pangan Indonesia ke depan. Dan Kabupaten Sambas juga sudah di tetapkan melalui Inpres no 1 tahun 2021 untuk mempercepat pembangunan daerah perbatasan. Yang mana terdapat 10 lembaga kementerian yang berkolaborasi dalam hal tersebut. Dan salah satunya adalah kementerian pertanian," papar Juliadi.

"Maka harapan besar kami juga buat kementerian pertanian, untuk bisa hadir dan bantu kami yang tergabung di pertanian. Terutama petani milenial di Sambas, untuk bisa dibantu peningkatan kapasitas para petani milenial di Kabupaten Sambas. Nantinya dengan peningkatan kapasitas tersebut, akan memberikan dampak baik buat petani milenial. Sehingga akan memiliki cara pandang yang tangguh dan mempunyai jiwa enterpreneur yang kuat," tutup Juliadi.

Share:
Komentar

Berita Terkini